Tujuan dari program ini adalah membantu ekonomi warga akibat dampak pandemi COVID-19 melalui program ketahanan pangan dengan bercocok tanam
Tangerang (ANTARA) - Kawasan Bankasasuci di Panunggangan Barat, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang, Provinsi Banten terpilih menjadi lokasi program ketahanan pangan dan kampung tangguh TNI dan Polri di saat pandemi COVID-19.

Ketua Banksasuci Ade Yunus di Tangerang, Minggu mengatakan, luas lahan yang dijadikan sebagai tempat program ketahanan pangan yakni seluas 11 hektare dan berada di tengah sungai sehingga warga yang akan melakukan penanaman harus menyeberang terlebih dahulu.

"Saat ini baru lima hektare yang selesai dilakukan pembersihan dan penyebaran bibit sayuran. Sisanya masih dikerjakan oleh petugas gabungan TNI - Polri dibantu warga setempat," katanya.

Adapun jenis sayuran yang akan ditanam yakni kol, kacang - kacangan, terong, ubi, jagung, singkong dan sebagainya. Lalu ada juga pembibitan ribuan ikan lele dan telah dibuat kolamnya.

"Kami sangat bersyukur dengan terpilihnya sebagai lokasi ketahanan pangan oleh TNI - Polri. Karena, penataan bantaran di sepanjang Sungai Cisadane menjadi lebih cepat dan rapi," katanya.

Ade mengatakan kesiapan mengenai acara peluncuran program  ketahanan pangan dan kampung tangguh telah dilakukan melalui kunjungan Kabaharkam Mabes Polri Komjenpol Agus Andianto, Laksda TNI Coki Hutabarat dan Juru Bicara Menteri Pertahanan Dahnil Anzar Simanjuntak.

"Kunjungan mereka untuk memantau kesiapan Banksasuci dalam menjadi tempat program ketahanan pangan. Saat ini, kita terus bersama - sama dalam menyiapkan segalanya," kata Ade Yunus.

Kapolsek Jatiuwung yakni Kompol Aditya Pratama mengatakan inovasi ketahanan pangan dilakukan bersama dengan jajaran dari Koramil 06/JTU melalui pemanfaatan lahan milik pemerintah yang dikelola Banksasuci.

"Tujuan dari program ini adalah membantu ekonomi warga akibat dampak pandemi COVID-19 melalui program ketahanan pangan dengan bercocok tanam," katanya.

Baca juga: Program ketahanan pangan kawasan pesisir Tangerang-Banten diperkuat

Baca juga: Pertanian pekarangan jaga ketahanan pangan keluarga di era pandemi

Baca juga: Pandemi, petani harus terus diberikan semangat produksi pangan

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020