Jakarta (ANTARA News) - Jadwal kereta api jurusan Tanah Abang-Rangkas Bitung terganggu karena rel di Pondok Betung, antara Stasiun Kebayoran dan Stasiun Pondok Ranji terendam air akibat hujan deras, sehingga kereta tidak dapat diberangkatkan.

Kepala Stasiun Kebayoran, Sutrisno di Jakarta, Jumat, mengatakan, tinggi air mencapai 15 cm dari kepala rel.

"Batas toleransi tinggi air agar kereta dapat dijalankan adalah setinggi tujuh centimeter, sedangkan itu sudah melebihi batas toleransi," jelasnya.

Ia mengatakan, untuk sementara kereta tidak dapat diberangkatkan sebelum tinggi air menurun hingga batas toleransi karena ditakutkan kereta api mengalami gangguan hubungan pendek arus listrik.

Ia juga mengatakan, upaya yang tengah dilakukan adalah mengirim tim ke tempat terjadi banjir untuk terus mengamati perkembangan air.

Selain itu, sinyal masuk dari Manggarai ke Tanah Abang juga menyebutkan, rel tergenang air sehingga kereta dari Tanah Abang menuju Bogor maupun sebaliknya tidak dapat diberangkatkan.

Akibat terganggunya jadwal keberangkatan kereta api tersebut, ratusan calon penumpang menumpuk di sejumlah stasiun tersebut.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009