Solo (ANTARA) - Ketua DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo mengatakan rekomendasi bakal calon wali kota dan wakil wali kota dalam Pilkada Serentak 2020 di Solo, Jawa Tengah, diumumkan secara virtual.

"Rekomendasi balon wali kota dan wakil wali kota dari DPP PDIP dilaksanakan lewat virtual pekan ini," kata Hadi Rudyatmo yang juga menjabat Wali Kota Surakarta itu, di Solo, Kamis.

Menurut Rudyatmo siapapun calonnya yang mendapat rekomendasi keputusan tergantung Ketua Umum PDIP, dan dirinya sebagai kader hukumnya wajib menjalankan tugas partainya.

"Kami masih menunggu rekomendasi itu, yang terpenting proses pencalonan sudah selesai semuanya," kata Rudyatmo.

"Gibran dan Achmad Purnomo merupakan kader PDIP. Keduanya sama-sama dari PDIP. Siapapun mendapat rekomendasi DPP wajib didukung," kata Rudyatmo.

Bahkan, sebagai kader partai diwajibkan memenangkan calon yang direkomendasi Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Selain itu, Rudyatmo juga menilai hasil survei elektabilitas Gibran Rakabuming Raka yang menunjukkan tinggi tersebut merupakan hal wajar.

"Namun, kami yang terpenting hasil akhir dari rekomendasi harus dikawal menjadi kemenangan," kata Rudyatmo.

Rudyatmo mengatakan dirinya sebagai kader partai tidak pernah melawan apa yang menjadi keputusan Ketua Umum. Sekali lagi siapapun hasil rekomendasi wajib dimenangkan.

Berdasarkan informasi yang beredar di media sosial menyebutkan balon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta Pilkada 2020 akan diumumkan melalui virtual pada Jumat (17/7).

Bahkan, pada informasi tersebut beredar rekomendasi PDIP balon wakil kota dan wakil wali kota pasangan Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa. Namun, semua itu, harus menunggu pengumuman resmi dari DPP.

"Saya mohon doanya saja, agar semua dilancarkan," kata Balon Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka dalam pesan melalui WhatsApp (WA).

Ginda Feratriachwan anggota DPRD Kota Surakarta dari Fraksi PDIP saat diminta menanggapi pasangan tersebut mengatakan pasangan Gibran-Teguh merupakan kader terbaik di Kota Solo.

Menurut Ginda siapapun balon yang mendapatkan rekomendasi DPP PDIP harus dikawal dan memenangkan pada Pilkada Serentak Surakarta 2020.

Baca juga: Gibran ikuti kuliah kilat dari Risma

Baca juga: Purnomo resmi mundur dari pencalonan Pilkada Surakarta 2020

Baca juga: KPU Surakarta tambah 784 TPS Pilkada 2020

Baca juga: Bawaslu petakan kerawanan Pilkada 2020 di Surakarta kategori sedang

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2020