Wagub Kaltim positif COVID-19, dewan gelar tes cepat

Wagub Kaltim positif COVID-19,  dewan gelar tes cepat

Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi bersama Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK didampingi Muhammad Samsun saat menantangani raperda LKPJ Pemprov Kaltim pada rapat paripurna ke-19 DPRD Kaltim, Selasa (14/7) (Arumanto)

Samarinda (ANTARA) - Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Timur dijadwalkan menjalani rapid test atau tes cepat COVID-19, setelah Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi dinyatakan terpapar virus corona.

Diketahui anggota legislatif di Provinsi Kaltim tersebut mempunyai riwayat kontak dengan Wagub Hadi Mulyadi karena sempat menghadiri rapat paripurna ke-19 di DPRD Kaltim, Selasa (14/7).

Ketua DPRD Kaltim, Makmur HAPK mengatakan seluruh anggota dewan yang berjumlah 55 orang akan menjalani rapid test tanpa terkecuali.

Baca juga: Wagub Kaltim Hadi Mulyadi positif COVID-19 namun dalam kondisi baik

" Walapun saya sendiri sudah jalani rapid test baru- baru ini dengan hasil negatif, tetap harus dites juga," kata Makmur HAPK di Samarinda, Rabu.

Menurut Makmur tes cepat untuk ketahanan tubuh ini dilakukan sebagai tahap awal, bila hasil rapid ke luar dan ditemukan reaktif, maka akan dilakukan uji swab.

“Kalau ada anggota yang hasilnya reaktif, maka otomatis langsung dilakukan swab,” tuturnya.

Sementara Wakil Ketua DPRD Kaltim, Muhammad Samsun menambahkan bahwa rapid test akan dilaksanakan secepat mungkin, sehingga potensi penyebaran COVID-19 tidak semakin meluas.

" Rapid teat dijadwalkan pada Kamis besok (16/7) bertempat di RSUD AW Syahranie,” kata Muhammad Samsun.

Baca juga: Wagub Kaltim minta masyarakat waspadai transmisi lokal di Samarinda

Rapid test massal untuk anggota DPRD Kaltim ini dilakukan setelah Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi terkonfirmasi positif COVID-19 pada Rabu (15/7).

Hadi sempat menghadiri rapat paripurna ke-19 di DPRD Kaltim, dengan agenda pengesahan Raperda LKPJ Pemprov Kaltim tahun 2019 menjadi perda, pada Selasa (14/7)

Dalam rapat paripurna tersebut, dihadiri Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK didampingi Muhammad Samsun, Sigit Wibowo, dan Sekwan Muhammad Ramadhan.

Selain itu, rapat paripurna juga dihadiri sejumlah perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Kaltim, dan diikuti sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) secara daring.

Baca juga: Karyawan KTI Kota Probolinggo positif COVID-19 bertambah 11 orang
Baca juga: Bayi satu bulan di Lampung terkonfirmasi positif COVID-19

Pewarta : Arumanto
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020