Pandemi COVID-19 kembali rambah dua kabupaten di Papua

Pandemi COVID-19 kembali rambah dua kabupaten di Papua

Grafis perkembangan COVID-19 di Papua, Selasa (14/7/2020). (ANTARA/Evarukdijati)

Jayapura (ANTARA) - Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Papua menyatakan, virus corona telah merambah dua kabupaten lagi sehingga tercatat 19 kabupaten dan kota yang terjangkit.
 
Memang benar ada dua kabupaten di kawasan pegunungan tengah yang warganya positif COVID-19 yaitu Kabupaten Tolikara dan Pegunungan Bintang, kata Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Papua dr.Silwanus Sumule di Jayapura, Selasa malam.
 
Dijelaskan, dari data yang dihimpun terungkap lima warga positif COVID-19 yang tersebar di Kabupaten Tolikara empat orang dan satu orang di Kabupaten Pegunungan Bintang.
 
Warga yang positif itu diduga terjangkit melalui transmisi lokal mengingat aktivitas masyarakat melalui darat masih terus berlangsung.

Baca juga: Sebagian karyawan Freeport, Mimika ketambahan 27 positif COVID-19

Baca juga: Tak punya SIM penumpang KM Sinabung kabur tinggalkan tas ransel

 
"Transmisi lokal diduga menjadi penyebab terjangkitnya warga di kawasan pegunungan tengah," kata Sumule seraya berharap, pemda setempat segera melakukan pelacakan (tracing).
 
Dengan bertambahnya kabupaten yang terjangkit COVID-19, maka saat ini tercatat 10 kabupaten yang masih tercatat dalam zona hijau.
 
Sepuluh Kabupaten yang masuk dalam zona hijau yakni Kabupaten Nduga, Dogiay, Deiyai, Asmat, Puncak, Paniai, Mamberamo Raya, Intan Jaya, Yahukimo, dan Kabupaten Mappi.
 
Secara kumulatif jumlah warga yang positif COVID-19 tercatat 2.353 orang, 1.172 orang diantaranya dirawat, 1.155 orang sembuh dan 26 orang meninggal.*
Pewarta : Evarukdijati
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020