Jakarta (ANTARA) - Setelah absen lima tahun sejak film terakhirnya, sutradara nomine Oscar, Marjane Satrapi kembali ke dunia film melalui "Radioactive," sebuah film biografi penemu Marie Curie, yang akan tayang di Prime Video pada 24 Juli.

Dikutip dari Indie Wire, Sabtu, aktris Rosamund Pike akan memerankan sosok Marie Curie yang bekerja di pembangkit tenaga listrik sebagai ahli kimia dan fisikawan terkenal.

"Radioactive," yang pertama kali tayang di Toronto International Film Festival pada September lalu, menceritakan kisah ilmuwan wanita Marie Curie yang dimulai pada tahun 1870-an.

Pada akhir abad ke-19 di Paris, Marie Sklodowska, wanita kelahiran Polandia, bertemu dengan sesama ilmuwan Pierre Curie (Sam Riley).

Mereka merevolusi makna radio aktif, memenangkan Hadiah Nobel Fisika, yang menjadikan Marie wanita pertama yang mendapatkan penghargaan itu.

Pierre meninggal secara tragis pada tahun 1906, membuat Currie mendalami bidang studinya, dan memenangkan Hadiah Nobel kedua. Marie pun meninggal karena terkena paparan radiasi di 1934.

Selain Rosamund Pike dan Sam Riley, film ini juga dibintangi oleh aktris muda Anya Taylor-Joy.

Sementara, sutradara Marjane Satrapi dikenal melalui adaptasi animasi dari novel grafisnya sendiri "Persepolis," menanamkan sepotong periode dengan gaya khasnya sendiri.

Film terakhirnya adalah hybrid komedi-thriller "The Voices" (2014) yang dibintangi Ryan Reynolds. Sutradara kelahiran Iran ini juga mendapat pujian pada tahun 2011 untuk "Chicken with Plums," adaptasi eksperimental lain dari novelnya sendiri.

Amazon Studios akan merilis film ini di Prime Video pada 24 Juli, hampir setahun setelah pemutaran perdananya Toronto International Film Festival.

Baca juga: Perempuan-perempuan dalam sejarah ilmu pengetahuan

Baca juga: "A Private War", pergulatan seorang jurnalis perang

Baca juga: Tom Cruise tetap perankan "Jack Reacher"

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020