Wamendes: Peran nelayan penting perkuat pangan dan ekonomi desa

Wamendes: Peran nelayan penting perkuat pangan dan ekonomi desa

Wakil Menteri Desa Pembangunan Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) Budi Arie Setiadi (ANTARA/HO- Dok pri)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) Budi Arie Setiadi mengatakan nelayan memiliki peran penting dalam memperkuat ketahanan pangan dan ekonomi di desa.

"Peran nelayan dan hasil perikanan sangat penting meningkatkan ekonomi, juga gizi rakyat, terutama di masa pandemi COVID-19,” kata Wamendes dalam perjalanan menuju Pantai Bahagia, Jumat pagi.

Baca juga: Wamendes: Desa harus dilindungi dari penyebaran COVID-19 saat mudik

Ia mengatakan bahwa aktivitas ekonomi masyarakat nelayan tidak tergantung barang impor dan terus bergerak bahkan di tengah pandemi COVID-19.

Pasokan hasil laut juga terus mengalir ketika masyarakat, terutama di perkotaan, membatasi kegiatan di luar rumah untuk mencegah penularan virus SARS-CoV-2, penyebab penyakit COVID-19.

Menurut Budi Arie, peran nelayan sangat penting bagi kemandirian pangan masyarakat melalui penyediaan bahan pangan berkualitas.

Oleh karena itu, perjuangan para nelayan perlu diapresiasi dengan dukungan penuh dari Kemendes PDTT.

Baca juga: Wamendes PDTT: Dana desa tulang punggung kemajuan Indonesia

Wamendes PDTT menyampaikan apresiasi dan dukungan tersebut dalam kunjungan kerjanya ke desa nelayan di Pantai Bahagia, Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, setelah sebelumnya juga menyambangi sejumlah desa kawasan pertanian.

Dalam kunjungan tersebut, Wamendes juga dijadwalkan akan mengunjungi tempat pelelangan ikan, melihat bisnis produk hasil laut yang dikelola BUMDes, serta penangkaran Lutung Jawa.

“Saya juga akan melihat-lihat Empang Jokowi di kawasan Pantai Bahagia,” ujarnya.

Selain itu, Wamendes Budi Arie juga bergantian mengunjungi sejumlah desa di Jawa Barat untuk melihat kegiatan yang produktif dan melihat pemanfaatan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa di daerah tersebut.

Baca juga: Mendes beri selamat pendamping desa antar anak jadi lulusan terbaik
Baca juga: Khofifah puji Mendes PDTT atas Desa Tanggap COVID-19
Baca juga: Mendes PDTT: 71.065 desa sudah salurkan BLT Dana Desa
Pewarta : Katriana
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020