Jakarta (ANTARA News) - Jalur Kereta Api Jakarta-Bogor sudah normal kembali sejak pukul 16.30 WIB, setelah petugas KA selesai memperbaiki gardu induk di Stasiun Universitas Indonesia yang terganggu sejak pukul 13.30 WIB.

"Sudah normal sejak pukul 16.30 WIB, setelah sebelumnya sejak pukul 13.30 WIB lumpuh karena arus Listrik Bagian Atas, padam karena gangguan gardu induk itu," kata Kahumas PT KA Daop I Jakarta, Sugeng Priyono saat dihubungi di Jakarta, Sabtu malam.

Sugeng menjelaskan, kuat dugaan gardu induk di Stasiun UI itu terganggu karena adanya hubungan arus pendek listrik. "Awam melihatnya sebagai tersambar petir," katanya.

Akibat kejadian itu, PT KA memohon maaf atas terganggunya pelayanan di lintas itu. "Ini kejadian di luar perkiraan kita. Kami mohon maaf," katanya.

Sugeng juga mengatakan, selama jalur lumpuh, banyak penumpang yang terpaksa harus menunggu beberapa jam di stasiun dan kereta.

"Ada juga yang terpaksa pindah ke moda angkutan lain seperti bus dari arah Depok ke Jakarta. Bus-bus jadi penuh, Saya dengar laporannya," katanya.

Warga Citayam yang hendak berkantor di bilangan Thamrin, Budi mengaku, terpaksa berpindah dengan menggunakan bus AC Depok-Tanah Abang dan karena itu perjalanan ke kantor menjadi molor sekitar dua jam.

"Biasanya saya ke kantor sampai jam 16.30 WIB, turun di Stasiun Gondangdia, tapi hari ini pakai bus jadi pukul 18.30 WIB tiba di kantor," kata Budi.

Sugeng juga menambahkan, penumpang Jakarta-Bogor untuk hari libur biasa seperti Sabtu dan Minggu, turun 30 persen dari kondisi hari kerja sekitar 200 ribu per hari.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009