Jakarta (ANTARA) - Kepala Biro Penerangan Masyarakat Kepolisian Indonesia, Brigadir Jenderal Polisi Awi Setiyono, mengatakan, mereka telah menyiapkan 77.897 anggotanya untuk mengatur dan mengedukasi masyarakat di berbagai daerah di masa transisi menuju normal baru.

"Pengawasan dan pendisiplinan kepada masyarakat di tempat-tempat sarana publik untuk tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, jaga jarak, rajin mencuci tangan dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat," kata dia, di Jakarta, Senin.

Ia merinci di daerah kategori hijau ditempatkan sebanyak 7.550 personel. Di daerah kategori kuning ditempatkan 8.981 personel. Kemudian 35.830 personel ditempatkan di zona oranye dan 25.536 personel di zona merah.

Baca juga: Gugus Tugas: CFD di Jakarta tak disiplin terapkan protokol kesehatan

Para polisi itu ditugaskan mengedukasi masyarakat agar melaksanakan protokol kesehatan secara disiplin supaya mencegah penyebaran penularan Covid-19.

Ia menyatakan, untuk mendukung kebijakan pemerintah di era normal baru, Kepala Kepolisian Indonesia, Jenderal Polisi Idham Azis, telah menginstruksikan kepada seluruh jajarannya agar meningkatkan kerja sama lintas sektoral dalam upaya mencegah penularan Covid-19.

Baca juga: Panglima TNI minta masyarakat disiplin terapkan protokol kesehatan

Sosialisasi dan edukasi terus menerus bersama stakeholder terkait untuk memberikan pemahaman yang benar kepada masyarakat dan berkoordinasi secara intensif dengan Gugus Tugas Daerah.

Kemudian bagi daerah-daerah yang masih menerapkan pembatasan sosial berskala besar dengan kategori zona oranye dan merah, pembatasan kegiatan masyarakat masih tetap dilaksanakan.

Baca juga: Gugus Tugas: Disiplin protokol COVID-19 jadikan zona hijau bertahan

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2020