Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Pol Idham Azis memimpin upacara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan, Senin, dalam rangka menyambut HUT ke-74 Bhayangkara.

Dalam kesempatan tersebut, Idham Azis didampingi oleh Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono. Saat upacara, baik Kapolri, Wakapolri beserta para pejabat utama Polri lainnya terlihat memperhatikan protokol kesehatan dengan menggunakan masker hingga menjaga jarak satu dengan lainnya. Hal tersebut dilakukan karena situasi pandemi COVID-19 yang belum juga usai.

Baca juga: Polres Subang salurkan sembako di pesisir peringati Hari Bhayangkara

Setelah upacara, Kapolri dan jajarannya berziarah ke beberapa makam pahlawan nasional dan tujuh makam mantan kapolri yang ada di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan kegiatan tabur bunga ini adalah menjadi bagian dari rangkaian perayaan HUT Bhayangkara.

"Hari ini (melaksanakan tabur bunga) merupakan rangkaian peringaran HUT Bhayangkara yang ke-74. Tentunya bahwa kegiatan ini untuk mengingatkan jasa para pahlawan yang telah gugur mendahului kita, sehingga bisa memetik daripada jiwa yang berjuang, para pahlawan yang telah gugur mendahului kita," ujar Argo di Taman Makam Pahlawan.

Baca juga: Hari Bhayangkara, Polda Lampung bagikan 20.650 paket sembako

Argo mengatakan, puncak perayaan HUT ke 74 Bhayangkara ini akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena situasi pandemi COVID-19 yang masih melanda negeri.

Pada Rabu (1/7), akan dilaksanakan upacara peringatan secara virtual dengan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo.

"Tentunya kaitan dengan upacara hari Bhayangkara, kami tetap lakukan secara virtual. Nanti ada di Istana dengan irup (inspektur upacara) Bapak Presiden didampingi Bapak Kapolri," tutur mantan Karopenmas Polri ini.

Baca juga: Polres Metro Jakarta Barat sebarkan 10.000 paket sembako

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2020