Banjarbaru (ANTARA) - Pasien COVID-19 di Kalimantan Selatan yang sembuh melonjak tajam sebanyak 82 orang sehingga jumlah pasien sembuh menjadi 539 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Pengendalian dan Penanganan (GTPP) COVID-19 Provinsi Kalimantan Selatan HM Muslim di Banjarbaru Kamis petang mengatakan pasien sembuh tersebut merupakan pasien yang dirawat di rumah sakit maupun di karantina khusus.

Baca juga: 121 pasien COVID-19 di Riau sembuh

Pasien sembuh tersebut masing-masing dirawat di Karantina Khusus Bapelkes Banjarbaru sebanyak 15 orang, Karantina Khusus Ambulung Banjarbaru 24 orang, RSUD Ulin Banjarmasin tiga orang.

Selanjutnya, RSUD Anshari Saleh Banjarmasin sembilan orang, isolasi mandiri di Kabupaten Banjar enam orang, Karantina di Kabupaten Tanah Laut empat orang, karantina di Kabupaten Kotabaru 18 orang, dan RSUD Datu Sanggul tiga orang.

Baca juga: Sejumlah 66 pasien COVID-19 Tulungagung sembuh dan langsung pulang

Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor saat melepas pasien sembuh di RSUD Ansyari Saleh Banjarmasin mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama melawan virus corona.

Caranya, dengan melaksanakan protokol kesehatan secara benar, tidak berkerumun, menggunakan masker dan selalu menjaga kesehatan dengan berolahraga secara rutin.

Baca juga: Pasien COVID-19 sembuh di Surabaya capai 1.838 orang

Jumlah pasien COVID-19 yang sembuh yang terus bertambah di Kalsel, disambut antusias oleh Gubernur Kalsel, dengan datang ke lokasi perawatan, baik di rumah sakit maupun di karantina mandiri.

Direktur RSUD Ansyari Saleh Banjarmasin Izaak Zoelkarnain mengatakan pasien sembuh yang dilepas Gubernur Kalsel di antaranya adalah para petugas medis.

"Banyaknya pasien sembuh, termasuk di antaranya para petugas medis, merupakan kabar yang sangat menggembirakan. Selanjutnya, kami akan meminta para tenaga medis secepatnya, bergabung kembali membantu pelayanan kesehatan di rumah sakit," katanya.

Berdasarkan data gugus tugas, selain pasien sembuh, pada Rabu (25/6), juga terdapat penambahan kasus COVID-19 sebanyak 60 orang masing-masing berasal, dari Kabupaten Tanah laut sembilan orang, Kabupaten Kotabaru satu orang, Kabupaten Banjar sepuluh orang.

Selanjutnya, Kabupaten Barito Kuala enam orang, Kabupaten Tapin 13 orang, Kabupaten Tanah Bumbu tiga orang, Kabupaten Balangan dua orang, Kota Banjarmasin 12 orang dan Kota Banjarbaru empat orang.

Sedangkan pasien yang meninggal dunia juga bertambah lima orang, masing-masing berasal dari Kabupaten Banjar satu orang, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) dua orang, dan Banjarmasin dua orang.

Sehingga kini total kasus COVID-19 di Kalsel menjadi 2.835 orang, sebanyak 2.120 orang dalam perawatan, 539 orang sembuh dan 176 orang meninggal dunia.

Kemudian, sebanyak 766 kasus merupakan orang dalam pemantuan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) 303 orang.

Pewarta: Ulul Maskuriah
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2020