PT Pelindo IV masih berkinerja positif dan menjadi titik tumpu dalam mendukung pembangunan di KTI
Makassar (ANTARA) - Aktivitas PT Pelindo IV yang beroperasi di wilayah Kawasan Timur Indonesia (KTI) dinilai mampu mendorong pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan (Sulsel) yang pada masa pandemi COVID-19 cenderung mengalami penurunan.

Dirut PT Pelindo IV Prasetyadi, di Makassar, Senin, menanggapi pertumbuhan kinerja PT Pelindo IV semasa pandemi COVID-19 mengatakan, kendati di bawah tekanan COVID-19 dan diharapkan pada krisis ekonomi secara nasional, namun PT Pelindo IV justru sebagai kekuatan logistik yang mendistribusikan barang dan jasa, khususnya kebutuhan konsumsi yang dibutuhkan di KTI.

Dengan demikian, lanjut dia, meski di tengah pandemi COVID-19, PT Pelindo IV masih berkinerja positif dan menjadi titik tumpu dalam mendukung pembangunan di KTI.
Baca juga: Pelindo IV siapkan skenario hadapi Normal Baru


Dalam mendukung pertumbuhan ekonomi Sulsel sebagai pintu gerbang KTI, PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) tetap berkomitmen melanjutkan pembangunan Makassar New Port (MNP) yang merupakan salah satu dari tiga Proyek Strategis Nasional (PSN) yang akan dirampungkan perusahaan milik negara ini.

Dengan adanya MNP ini yang sudah difungsikan, di antaranya untuk angkutan dalam dan luar negeri, maka aktivitas perekonomian di Sulsel dan sekitarnya mulai bangkit kembali seiring dengan penyesuaian normal baru.

Kondisi serupa juga terjadi dengan pelabuhan lainnya di bawah operasional Pelindo IV, seperti pelabuhan di Kalimantan Timur yang bulan lalu juga sudah melakukan pengiriman logistik ke luar negeri.

"Karena itu, kami yakin aktivitas Pelindo IV ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi Sulsel kembali berjaya di atas 7 persen, jauh lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan ekonomi nasional ketika belum terjadi pandemi di daerah ini," kata Prasetyadi.
Baca juga: Pelindo IV normalkan waktu operasional, kembali 24 jam
Suasana aktivitas pelabuhan yang dikelola PT Pelindo IV di Makassar, Senin (22/6/2020). ANTARA/HO/Humas PT Pelindo IV

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2020