Uangnya ditransfer ke rekening BCA atas nama Lestari Apriyanti.
Samarinda (ANTARA) - Akun Facebook (FB) Puji Setyowati, anggota DPRD Provinsi Kalimantan Timur yang juga istri Wali Kota Samarinda, diretas oleh seseorang dengan tujuan minta sejumlah uang dengan alasan untuk sumbangan bakti sosial rencana pembangunan panti asuhan.



"Akun Facebook Ibu Puji Setyowati telah di-hack oleh seseorang," kata Kepala Dinas Kominfo Kota Samarinda Aji Syarif Hidayatullah di Samarinda, Minggu.

Aji Syarif Hidayatullah meminta pengguna media sosial itu tidak menanggapi permintaan pertemanan, terlebih ketika ada permintaan bantuan uang dengan alasan apa pun.

Baca juga: Mampukah kasus Tokopedia percepat pembahasan RUU PDP?



Ia mengaku langsung menerima pesan dari Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang terkait dengan peretasan pada akun FB Puji Setyowati Jaang.



Melalui akun FB itu, kata Dayat, peretas meminta sejumlah uang untuk bakti sosial (baksos) demi kelancaran pembangunan panti.



Bahkan, oknum yang meretas tersebut melampirkan nomor rekening dan nomor WhatsApp.



Menurut dia, bukan hanya istri wali kota, wali kota saja sudah beberapa kali. Bahkan, beberapa hari lalu, beredar juga akun FB palsu (kloning) Pak Sekda Samarinda.

"Jika ada yang mengajak pertemanan dengan nama Sugeng Chairuddin dan hanya ada dua foto, itu tidak benar. Akun Pak Sekda masih yang lama," ucap Dayat.




Ia mengimbau masyarakat tidak mudah memberikan bantuan yang memanfaatkan media sosial ataupun WA.

Baca juga: Kominfo telusuri dugaan peretasan data COVID-19

Selain itu, warga selalu berhati-hati terhadap penipuan berbasis medsos, apalagi Facebook sangat mudah dikloning.



Sementara itu, Puji Setyowati Jaang mengatakan bahwa oknum yang meretas FB-nya itu telah berhasil menipu dengan meminta uang korban senilai Rp2 juta.



"Ada beberapa teman yang telepon dan WA menanyakan kebenaran akun FB yang meminta bantuan tersebut. Teman di Samarinda bahkan ada yang sudah transfer Rp2 juta dan bukti transfernya dikirim kepada saya. Uangnya ditransfer ke rekening BCA atas nama Lestari Apriyanti," ucap Puji Setyowati.

Pewarta: M. Ghofar
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2020