Sepekan, pengaturan jam kerja hingga pemulangan jenazah dari Malaysia

Sepekan, pengaturan jam kerja hingga pemulangan jenazah dari Malaysia

Salah seorang warga saat melihat dari dekat babi hutan berkaki aneh yang dipelihara Tukiran, warga Desa Pekuncen, Kecamatan Jatilawang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Senin (15/6/2020). ANTARA/Sumarwoto

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita bidang humaniora menjadi perhatian banyak pembaca selama sepekan mulai dari pengaturan jam kerja selama adaptasi kebiasaan baru hingga rencana pemulangan 33 jenazah warga negara Indonesia dari Malaysia.

1. Pengaturan jam kerja selama adaptasi kebiasaan baru

Anggota Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Reisa Broto Asmoro mengatakan jam kerja karyawan di instansi pemerintah, BUMN, dan BUMD di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya akan diatur pada masa adaptasi kebiasaan baru menuju masyarakat produktif yang aman dari COVID-19.

"Pengaturan jam kerja karyawan akan dibuat bergilir atau dua shift dengan jeda minimal tiga jam," kata Reisa dalam jumpa pers Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 yang diikuti melalui akun Youtube BNPB Indonesia di Jakarta, Senin (15/6).

2. Warga siap ikuti protokol kesehatan selama normal baru

Sejumlah warga di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat mengatakan siap mengikuti protokol kesehatan saat menghadapi normal baru atau adaptasi kebiasaan baru yang akan diberlakukan agar masyarakat tetap bisa melakukan kegiatan ekonomi di tengah pandemi COVID-19.

"Kesiapannya dengan mengikuti aturan protokol kesehatan saja," kata Widi, salah satu karyawan swasta yang dalam tiga bulan terakhir tetap masuk kerja meski di tengah pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), di Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (14/6).

3. Babi hutan berkaki aneh hebohkan Banyumas

Warga Desa Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, heboh dengan adanya seekor babi hutan berkaki aneh yang ditemukan oleh Tukiran alias Bawor (53) karena memiliki jari-jari seperti ayam, namun berukuran besar dan panjang.

"Sekitar tiga bulan lalu, saya ditelepon oleh seorang pemburu kalau ada babi hutan aneh di daerah Karangnini, Pangandaran, warga setempat tidak ada yang berani menangkap babi tersebut," kata Tukiran saat ditemui wartawan di Desa Pekuncen, Kecamatan Jatilawang, Kabupaten Banyumas, Senin (15/6).

4. Tenaga medis dikalungi bunga setelah sempat diusir

Para tenaga medis yang diterjunkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bogor, Jawa Barat disambut dengan pengalungan bunga di Pasar Cileungsi pada Selasa (16/6), setelah beberapa waktu sebelumnya diusir oleh para pedagang.

"Ini bentuk dedikasi kami, bahwa rangkaian tes ini tidak seseram yang dibayangkan kebanyakan orang. Bentuk deteksi dini serta proteksi diri terhadap orang-orang sekitar dan orang terkasih juga," kata Direktur Perusahaan Daerah (PD) Pasar Tohaga Haris Setiawan usai menjalani tes swab di Pasar Cileungsi Kabupaten Bogor.

5. Pemulangan 33 jenazah WNI dari Malaysia

Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani menegaskan pihaknya akan segera mengurus pemulangan 33 jenazah WNI yang saat ini masih tertahan di Kuala Lumpur, Malaysia.

“Jenazah PMI, PMI yang sakit atau PMI yang dideportasi itu masuk kategori PMI bermasalah yang secara otomatis penanganannya dalam kendali penuh BP2MI, yang harus diantar hingga ke daerah asal,” kata Benny menjawab pengaduan pengurus Ikatan Keluarga Malaysia dalam sebuah diskusi virtual, Minggu (14/6). 
Pewarta : Dewanto Samodro
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020