Eduversal gelar kompetisi matematika daring tingkat internasional

Eduversal gelar kompetisi matematika daring tingkat internasional

Tangkapan layar - Presiden Eduversal, Dwi Prajitno Wibowo, dalam telekonferensi di Jakarta. Sabtu (20/6/2020). ANTARA/Indriani/am.

Jakarta (ANTARA) - Eduversal kembali menyelenggarakan kompetisi matematika yakni International Eduversal Mathematic Competition (I-EMC) atau kompetisi matematika tingkat internasional yang diselenggarakan secara daring di tengah pandemi COVID-19.

"Eduversal sudah menyelenggarakan kompetisi matematika sejak 12 tahun yang lalu, dan sejak 2019 menyelenggarakan kompetisi matematika secara daring yang diikuti 3.000 peserta," ujar Ketua Komite I-EMC, Surya Saputra, dalam telekonferensi di Jakarta, Sabtu.

Pada tahun ini, penyelenggaraan kompetisi tersebut untuk jenjang internasional dan diikuti peserta dari banyak negara. Kompetisi itu akan diadakan secara daring pada 11 Juli 2020. Kompetisi itu merupakan kompetisi daring pertama yang diadakan di Indonesia.

Peserta dapat bersaing dalam dua level yang berbeda yakni level junior untuk pelajar yang berusia di bawah 14 tahun, dan level senior untuk yang berusia rentang 14 sampai 17 tahun.

Surya menambahkan kompetisi itu terbuka untuk seluruh siswa dari seluruh dunia, yang ingin menguji kemampuan matematikanya di tingkat Internasional. Lebih dari 50 negara diundang untuk mengikuti kompetisi bergengsi tersebut. Sejumlah negara menyambut baik kompetisi itu yakni Inggris, Amerika Serikat dan Brasil.

Baca juga: Kemampuan literasi rendah sebabkan anak sulit pahami soal matematika

"Kompetisi ini akan diselenggarakan dalam tiga bahasa yaitu Bahasa Inggris, Indonesia dan Rusia," tambah dia.

Pendaftaran kompetisi itu bisa dilakukan melalui laman situs www.i-emc.com. Pendataran dilakukan pada 8 hingga 30 Juni 2020, try out pada 4 Juli 2020, dan kompetisi yang dilakukan secara daring pada 11 Juli 2020. Sedangkan pengumuman pemenang pada 18 Juli2020

Surya menjelaskan hingga saat ini, terdapat setidaknya 1.100 peserta yang sudah melakukan pendaftaran. Dia berharap mendekati batas akhir pendaftaran semakin banyak yang mendaftar dalam kompetisi itu. Untuk soal kompetisi tersebut terdapat 30 soal pilihan ganda dan 10 soal isian singkat.

Pemenang pertama kompetisi itu akan mendapatkan IPad Generasi 7. pemenang kedua Samsung Galaxy Tab A 2019 10.1, pemenang ketiga mendapatkan All New Kindle Paperwhite 2020.

Presiden Eduversal, Dwi Prajitno Wibowo, mengatakan pada saat pandemi COVID-19 seperti saat ini, banyak anak-anak yang memiliki potensi dan kemampuan bosan karena harus terus belajar dari rumah.

"Oleh karena itu, kami memberikan wadah bagi mereka, agar mereka terus bisa mengasah kemampuan yang mereka miliki. Kompetisi ini juga merupakan kompetisi internasional pertama yang kami adakan," kata Dwi.

Baca juga: Eduversal gelar kompetisi matematika daring
 
Pewarta : Indriani
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2020