Washington (ANTARA News/AFP) - Pasar komputer global menunjukkan tanda-tanda pemulihan, dengan perkiraan penjualan menurun hanya 2,0 persen tahun ini, jauh lebih baik daripada prediksi bulan Juni 6,0 persen, kelompok riset Gartner menyatakan Rabu.

Gartner mengatakan penjualan komputer pribadi di seluruh dunia berada di langkah untuk mencapai 285 juta unit tahun ini, turun dari 291 juta tahun lalu.

"Permintaan PC tampaknya berjalan jauh lebih kuat daripada yang kami perkirakan kembali Juni, terutama di Amerika Serikat dan China," kata periset kelompok Gartner, George Shiffler.

"Pengiriman substansial PC mobile telah memperoleh kembali momentum, khususnya di pasar negara berkembang, dan penurunan pengiriman PC berbasis meja (desk-based PC) melambat,"

katanya. "Kami pikir pengiriman kemungkinan besar akan tumbuh lagi di kuartal keempat tahun 2009 dibandingkan dengan kuartal keempat tahun 2008."

Penjualan diperkirakan tumbuh 12,6 persen pada tahun 2010.

Pada semester pertama tahun ini, penjualan PC turun 4,4 persen dan kata Gartner, tak mungkin mereka akan mencatat pertumbuhan untuk tahun ini, bahkan dengan rilis sistem operasi Microsoft Windows 7 pada 22 Oktber yang akan datang.

"Kami tidak memperkirakan peluncuran Windows 7 berpengaruh signifikan pada permintaan PC pada akhir tahun," kata Shiffler. "Di terbaik, Windows 7 bisa menghasilkan kenaikan moderat di permintaan domestik dan mungkin beberapa permintaan ditambahkan antara usaha kecil.

"Kami tidak memperkirakan bisnis yang paling besar, institusi pemerintah dan pendidikan untuk mengekspresikan permintaan yang kuat untuk sistem operasi baru sampai akhir 2010," katanya. (*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009