Brisbane (ANTARA News) - Umat Islam di Australia dipastikan merayakan Idul Fitri 1430 Hijriah Minggu (20/9) setelah tim rukyat memastikan adanya "hilal" (bulan baru) sebagai tanda berakhirnya bulan suci Ramadan.

Organisasi Komunitas Muslim di negara bagian Queensland, "Queensland Muslims", Sabtu malam, menyebarkan kepastian jatuhnya Idul Fitri 1430 Hijriah pada hari Minggu itu lewat laman (situs) resminya maupun layanan pesan singkat (SMS) ke semua nomor telepon selular warga Muslim yang mendaftar.

Untuk menyemarakkan Idul Fitri, para pengurus sejumlah organisasi keislaman, sekolah Islam, dan masjid di kota Brisbane dan sekitarnya akan menggelar salat Id yang diikuti dengan acara silaturahmi antarjamaah.

Pengurus Perhimpunan Mahasiswa Muslim di Universitas Queensland (MSA-UQ) misalnya akan menggelar shalat Id di Taman William Dart (Taman Munro) kampus UQ pada pukul 7.15 waktu Brisbane. Sebelum salat dimulai, para jamaah melantunkan takbir dan tahmid bersama.

Selain di UQ, shalat Id juga digelar di Islamic College of Brisbane (Karawata), Australian International Islamic College (Durak), Masjid Lutwych, Masjid Algester dan Masjid Bald Hills dengan waktu pelaksanaan bervariasi antara pukul 06.00 dan 07.30 waktu setempat.

Pada penetapan awal Ramadan 1430 Hijriah, komunitas Muslim di Australia tidak berbeda dengan umat Islam Indonesia, yakni 22 Agustus 2009. Di Indonesia, Idul Fitri 1430 Hijriah sudah ditetapkan jatuh hari Minggu (20/9).

Di seluruh Australia, terdapat lebih dari 340 ribu warga Muslim yang berasal dari beragam bangsa.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009