Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi keteladanan yang ditunjukkan dua prajurit TNI yaitu Serka Mes Moh Sangidun dan Kopda Bah Dameanus Luka Hera yang telah menyumbangkan gaji dan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada masyarakat di tempat keduanya bertugas.

"Ini keteladanan yang patut diapresiasi, inilah Pancasila, sebuah sikap dan tindakan," kata Bamsoet usai menerima kedua prajurit tersebut bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat.

Serka Mes Moh. Sangidun dan Kopda Bah Dameanus Luka Hera merupakan anggota TNI Angkatan Laut Lanal Maumere di wilayah Kabupaten Sikka, Maumere, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Bamsoet mengatakan tindakan kedua prajurit TNI tersebut patut diteladani termasuk para Pimpinan MPR RI karena keduanya dengan ikhlas membantu sesama.

Baca juga: MPR: Solidaritas-kedermawanan jadi modal wujudkan keadilan sosial
Baca juga: Romo Benny: Pancasila modal bangsa hadapi pandemi COVID-19
Baca juga: Romo Franz: Tingkatkan solidaritas agar terbebas COVID-19


Menurut dia, sikap saling membantu, tolong menolong, dan bergotong royong sangat dibutuhkan bangsa Indonesia khususnya saat ini dalam kondisi sulit yaitu menghadapi pandemi COVID-19.

"Ini yang diinginkan negara, dalam kondisi sulit namun kita harus bergotong royong dan solidaritas terhadap sesama anak bangsa," ujarnya.

Politisi Partai Golkar itu menilai tolong menolong, kegotong-royongan adalah saripati Pancasila yang patut diteladani khususnya yang ditunjukkan Serka Mes Moh Sangidun dan Kopda Bah Dameanus Luka Hera.

Dia berharap ke depannya, TNI semakin solid dan dicintai rakyat, lalu masyarakat mempercayakan keamanan dan ketahanan bangsa ini kepada institusi tersebut.

Hadir dalam acara tersebut para Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah, Jazilul Fawaid, Arsul Sani, Fadel Muhammad, dan Zulkifli Hasan.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2020