Jakarta (ANTARA) - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya akan mengantisipasi antrean pemohon perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) dengan kembali mengaktifkan layanan Mobil SIM Keliling.

"Kemarin semasa pandemi ini SIM Keliling tidak kita aktifkan, maka untuk memecah antrean SIM Keliling sudah kita aktifkan kembali," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Sambobo Purnomo Yogo di Mako Polda Metro Jaya, Rabu.

Sambodo menjelaskan, per hari ini ada dua Mobil SIM Keliling yang disiagakan di Masjid At-Tin, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur. Layanan SIM Keliling itu juga diserbu masyarakat yang ingin segera melakukan perpanjangan SIM mereka.

"Hari ini ada dua unit yang kita aktifkan di Masjid At-Tin Jakarta Timur. Ini untuk memecah antrian di Satpas Sim Kebon Nanas yang memang hari yang lalu itu antreannya cukup panjang dan hari ini pun Simling di Masjid At-Tin itu juga pemohonnya juga cukup padat," kata dia.

Baca juga: Polisi segera operasikan gerai layanan SIM setelah mal buka
Baca juga: Pelayanan SIM dibatasi jadi separuh dari kemampuan produksi
Pemohon mengantre pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Kantor Satlantas Polrestro Jakarta Timur, Jalan DI Panjaitan, Selasa (2/6/2020). (ANTARA/Andi Firdaus)
Selain itu, Polda Metro Jaya juga menyediakan tiga unit mobil SIM Keliling di Satpas SIM Daan Mogot untuk membantu mengurangi antrian.

"Kemudian SIM Keliling lainnya ada tiga unit lagi kita perbantukan di Daan Mogot untuk mem'back-up' Satpas SIM Daan Mogot yang hari ini juga terjadi lonjakan pemohon perpanjangan SIM," ujarnya.

Ditlantas Polda Metro Jaya juga segera membuka gerai layanan perpanjangan SIM yang berada di mal setelah Pemprov DKI Jakarta membuka kembali mal di masa normal baru.

"Nanti setelah mal boleh dibuka dengan 'new normal' dan protokol COVID-19 yang ketat, maka gerai SIM yang di mal juga akan kita buka kembali," kata dia

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020