Kolaborasi Cisco-Telkom University kolaborasi pelayanan Kota Cerdas

Kolaborasi Cisco-Telkom University kolaborasi pelayanan Kota Cerdas

Kerja Sama Provinsi Jawa Barat, Telkom University dan Cisco untuk Inisitatif Kota Cerdas Guna Mendukung Ketahanan Pelayanan Publik dalam Menghadapi COVID-19. (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Telkom University, dan Cisco setuju untuk berkolaborasi dalam inisiatif Kota Cerdas, yang salah satunya mendukung Ketahanan Pelayan Publik dalam menghadapi COVID-19 di Provinsi Jawa Barat.

Melalui keterangan yang diterima ANTARA, Rabu, program yang diumumkan tersebut merupakan bagian dari program global Country Digital Acceleration (CDA) Cisco.

Tim CDA Cisco bekerjasama dengan pemerintah nasional dan daerah di seluruh dunia untuk mempercepat agenda digitalisasi nasional dan memberikan manfaat kepada masyarakat secara lebih cepat dan efektif. Indonesia adalah negara pertama di Asia Tenggara yang turut serta dalam program global ini pada 2018.

Program CDA di Indonesia berfokus pada lima bidang: pemerintahan digital, industri digital, BUMN digital, keamanan siber dan pemerataan digitalisasi.

Jawa Barat sebagai salah satu provinsi terbesar telah memutuskan untuk mengambil fokus program pada digitalisasi pemerintahan. Kerja sama ini terjalin di saat penting dimana seluruh pemangku kepentingan di berbagai sektor sedang mencari solusi dalam menghadapi tantangan pandemi COVID-19.

"Kolaborasi antara Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, Telkom University, dan Cisco merupakan salah satu langkah penting yang dilakukan untuk mendukung infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi terutama dalam penanganan pandemi COVID-19," kata Gubernur Provinsi Jawa Barat Ridwan Kamil.

Baca juga: Indonesia perlu benahi tiga sektor untuk adopsi 5G

Baca juga: 5G berpotensi untuk gaming online di Indonesia


"Di masa genting penanganan COVID-19, dukungan platform teknologi informasi dan komunikasi yang matang dapat menunjang efisiensi, kecepatan penyampaian informasi, keterjangkauan, dan transparansi pada layanan-layanan publik Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat," ujarnya melanjutkan.

Managing Director Cisco Indonesia, Marina Kacaribu, mengatakan bahwa pihaknya merasa terhormat memiliki kesempatan berperan aktif dengan mendukung ketersediaan platform infrastruktur yang handal dan aman untuk informasi dan komunikasi publik dalam menghadapi COVID-19.

"Saat ini ketika Gugus Tugas Percepatan Penangangan COVID-19 Provinsi Jawa Barat berkolaborasi secara intens dengan Gugus Tugas Nasional, teknologi Cisco dapat memberikan sarana kolaborasi dan komunikasi yang aman dan handal melalui konferensi video, menjalankan aplikasi penting seperti pengujian dan pelacakan, dan memungkinkan pemerintah untuk tetap menjalankan fungsi pelayanan publik," kata Marina.

Telkom University sebagai salah satu institusi akademik terkemuka telah aktif mendukung Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam berbagai inovasi digital, terutama dalam aplikasi kota cerdas dan pemerintahan digital.

Cisco akan mendukung Telkom University dengan teknologi dan solusi di bidang kolaborasi, komunikasi, jaringan, pusat data dan keamanan siber, yang dapat digunakan untuk penelitian dan pengembangan lebih lanjut.

Baca juga: Aplikasi-aplikasi ini permudah WFH

Baca juga: CEO Cisco Hera Kitwan jadi Dewan Direksi Goodyear

Baca juga: Telkom jajaki kerja sama pengembangan bisnis cloud dengan Cisco
Pewarta : Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020