Baghdad (ANTARA News/AFP) - Dua orang tewas dan 20 lain cedera, termasuk seorang polisi dan dua prajurit, dalam tiga serangan di Baghdad, Minggu, kata seorang pejabat kementerian dalam negeri.

Dalam insiden paling mematikan, seorang pria tewas dan 12 lain cedera, termasuk dua prajurit, akibat serangan bom bunuh diri di daerah Sunni Adhamiyah di wilayah utara ibukota Irak tersebut.

Seorang warga sipil sebelumnya tewas ketika sebuah mortir menghantam jalan di distrik timur Kamaliyah. Lima orang terluka dalam ledakan itu.

Di Dora, sebuah distrik selatan Baghdad, seorang polisi dan dua warga sipil cedera ketika kendaraan patroli diserang bom, kata pejabat kementerian itu.

Serangan-serangan Minggu itu terjadi sehari setelah gelombang kekerasan di Irak menewaskan 19 orang, termasuk seorang politikus dan seorang anak, dan mencederai belasan lain.

Sabtu merupakan hari paling mematikan sejak bulan suci Ramadhan dimulai di Irak delapan hari lalu.

Dalam insiden terburuk, lima polisi dan tiga warga sipil, termasuk seorang anak berumur 10 tahun, tewas dalam serangan bom mobil bunuh diri terhadap sebuah kantor polisi di Al-Sharqat, sebelah utara Tikrit, kata beberapa pejabat.

Sedikitnya 20 orang, termasuk 13 polisi, terluka dalam serangan Sabtu pagi itu, kata kepala kepolisian Ali Al-Juburi.

Beberapa jam kemudian, empat orang tewas dan 23 lain cedera ketika bom meledak di sebuah pasar di Sinjar, kota di dekat perbatasan Suriah dan sebelah barat kota bergolak Mosul, Irak utara.

Juga Sabtu, serangan yang dilakukan orang bersenjata terhadap pos pemeriksaan polisi di sebelah timur Baquba di provinsi Diyala menewaskan seorang aparat dan satu warga sipil. Empat polisi juga cedera.

Di Baghdad, seorang prajurit yang sedang tidak bertugas tewas dan tiga orang cedera, termasuk seorang prajurit, di daerah Sunni Adhamiyah.

Rangkaian serangan dan pemboman sejak pasukan AS ditarik dari kota-kota di Irak pada akhir Juni telah menimbulkan pertanyaan mengenai kemampuan pasukan keamanan Irak untuk melindungi penduduk dari serangan-serangan gerilya seperti kelompok militan Sunni Al-Qaeda.

Pemboman di Baghdad dan di dekat kota bergolak Mosul tampaknya bertujuan mengobarkan lagi kekerasan sektarian mematikan antara orang-orang Sunni dan Syiah yang membawa Irak ke ambang perang saudara.

Meski ada penurunan tingkat kekerasan secara keseluruhan, serangan-serangan terhadap pasukan keamanan dan warga sipil hingga kini masih terjadi di Kirkuk, Mosul dan Baghdad.

Kekerasan di Irak mereda dalam 18 bulan terakhir, namun gerilyawan bisa bersembunyi di daerah-daerah pegunungan sekitar Mosul, 390 kilometer sebelah utara Baghdad, dan memanfaatkan perpecahan diantara orang-orang Arab dan Kurdi yang beselisih di kota itu.

Perselisihan di provinsi wilayah utara, Nineveh, yang beribukotakan Mosul, mengancam perpecahan di provinsi itu dan menimbulkan ketegangan yang bisa menciptakan ketidakstabilan jangka panjang di Irak.

Banyak orang Irak juga khawatir serangan-serangan terhadap orang Syiah akan menyulut lagi kekerasan sektarian mematikan antara Sunni dan Syiah yang baru mereda dalam 18 bulan ini. Puluhan ribu orang tewas dalam kekerasan sejak invasi pimpinan AS ke Irak pada 2003.

Jumlah korban tewas akibat kekerasan di Irak turun hingga sepertiga menjadi 275 pada Juli, bulan pertama pasukan Irak bertanggung jawab atas keamanan di daerah-daerah perkotaan sejak invasi pimpinan AS pada 2003.

Kekerasan menurun secara berarti di Irak dalam beberapa bulan ini, namun serangan-serangan meningkat menjelang penarikan militer AS, dan 437 orang Irak tewas pada Juni -- jumlah kematian tertinggi dalam kurun waktu 11 bulan.

Perdana Menteri Nuri al-Maliki memperingatkan pada Juni bahwa gerilyawan dan milisi mungkin meningkatkan serangan mereka dalam upaya merongrong kepercayaan masyarakat pada pasukan keamanan Irak.

Sejumlah serangan bom besar dilancarkan sejak itu, dan yang paling mematikan adalah serangan bom truk pada 20 Juni di dekat kota wilayah utara, Kirkuk, yang menewaskan 72 orang dan mencederai lebih dari 200 lain dalam serangan paling mematikan dalam 16 bulan.

Serangan bom pada 24 Juni di sebuah pasar di distrik Syiah Kota Sadr di Baghdad timurlaut juga merupakan salah satu yang paling mematikan pada tahun ini, yang menewaskan sedikitnya 62 orang dan mencederai sekitar 150.

Namun, Maliki dan para pejabat tinggi pemerintah menekankan bahwa 750.000 prajurit dan polisi Irak bisa membela negara dari serangan-serangan yang dituduhkan pada gerilyawan yang terkait dengan Al-Qaeda dan kekuatan yang setia pada almarhum presiden terguling Saddam Hussein.

Hanya sejumlah kecil pasukan AS yang menjadi pelatih dan penasihat akan tetap berada di daerah-daerah perkotaan, dan sebagian besar pasukan Amerika di Irak, yang menurut Pentagon berjumlah 131.000, ditempatkan di penjuru lain.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009