Pada hari ini hingga pukul 17.00 WIB tambahan kasus barunya sebanyak 95 orang
Surabaya (ANTARA) - Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan COVID-19 Provinsi Jawa Timur mencatat jumlah pasien terkonfirmasi positif terinfeksi virus corona jenis baru di wilayah setempat sampai Senin mencapai 4.920 orang.

"Pada hari ini hingga pukul 17.00 WIB tambahan kasus barunya sebanyak 95 orang," ujar Ketua Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan COVID-19 Provinsi Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin malam.

Baca juga: Pemprov Jatim pastikan stok beras surplus saat pandemik COVID-19

Khusus di Surabaya Raya, masing-masing pasien terkonfirmasi positif COVID-19, yaitu Surabaya sebanyak 2.633 orang atau tambahannya 25 orang, diikuti Sidoarjo 664 orang atau bertambah sembilan orang, serta Gresik 178 orang atau bertambah lima orang.

Tambahan kasus baru untuk daerah lain, yakni Kota Batu sebanyak 14 orang, Lamongan tiga orang, Kabupaten Malang dua orang, Kabupaten Kediri empat orang, Nganjuk dua orang, Bondowoso empat orang, Trenggalek dua orang, Jember dua orang, Kota Mojokerto empat orang, Jomban 11 orang dan Bojonegoro empat orang.

Baca juga: Bertambah 329 orang pasien sembuh dari COVID-19

Kemudian, masing-masing satu orang berasal dari Kota Madiun, Kota Malang, Pacitan dan Kabupaten Mojokerto.

Sementara itu, terdapat sembilan orang lainnya yang sampai saat ini belum dipastikan domisilinya.

Baca juga: Hasan Aminudin desak perampungan regulasi pesantren sambut normal baru

Terkait dengan pasien sembuh dari infeksi virus corona di Jatim saat ini mencapai 699 orang (14,21 persen) atau terdapat tambahan 45 orang.

Rinciannya, 17 orang asal Surabaya, delapan orang asal Magetan, lima orang asal Tulungagung, empat orang asal Ponorogo dan masing-masing tiga orang Lamongan serta Kabupaten Mojokerto.

Lalu, masing-masing dua orang asal Lumajang dan Jember, serta satu orang lainnya asal Bojonegoro.

Baca juga: Gubernur Jatim ikuti upacara Hari Lahir Pancasila virtual

Untuk kasus meninggal dunia karena COVID-19 di Jatim hingga saat ini tercatat 418 orang (8,5 persen) atau tambahannya enam orang, yaitu tiga orang di Surabaya dan masing-masing satu orang di Lamongan, Bojonegoro serta Kota Kediri.

"Kami turut berduka cita sedalam-dalamnya atas korban meninggal dunia dan berharap keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran serta ketabahan," kata Khofifah, yang juga Gubernur Jatim tersebut.

Terkait warga berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) di Jatim tercatat 6.687 orang, sedangkan orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 24.737 orang.

Baca juga: Pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Jatim capai 4.848 orang

 

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020