Saya harap Kementerian BUMN bisa memfasilitasi permohonan para mahasiswa ini....
Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Gerindra Andre Rosiade meminta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memfasilitasi pemulangan kembali ratusan mahasiswa asal Indonesia yang masih berada di Arab Saudi.

Menurut dia, mayoritas mahasiswa Indonesia tersebut sedang menempuh pendidikan tinggi di Universitas Islam Madinah.

"Pak Menteri, saya menerima aspirasi dari kawan-kawan mahasiswa Indonesia di Madinah yang meminta Pemerintah memfasilitasi kepulangan mereka ke Indonesia. Jadi Pak Menteri, mohon ini dibantu," kata Andre dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.
Baca juga: Penerima beasiswa NTB di Korea Selatan terlantar dibantah pemerintah


Permintaan Andre itu dikatakannya dalam kunjungan kerja Satuan Tugas (Satgas) Lawan COVID-19 DPR RI ke Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis.

Andre mengatakan, hingga saat ini jumlah mahasiswa Indonesia di Arab Saudi terbanyak berada di Universitas Islam Madinah yaitu sebanyak 986 mahasiswa, dan masih ada 700 mahasiswa yang belum bisa pulang ke Tanah Air.

Dia menjelaskan, dengan berbagai macam alasan darurat, mayoritas mahasiswa di Arab Saudi menyatakan butuh pulang ke Indonesia.

"Saya harap Kementerian BUMN bisa memfasilitasi permohonan para mahasiswa ini," ujarnya lagi.

Dalam kesempatan itu, Menteri BUMN Erick Thohir memerintahkan jajarannya mengkaji kesiapan maskapai penerbangan BUMN untuk melakukan penjemputan mahasiswa Indonesia yang ada di Arab Saudi.
Baca juga: Jepang-Vietnam-Malaysia dipilih untuk KKN mahasiswa Unand

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2020