Yang penting kita tetap ikuti aturan pemerintah, pakai masker dan cuci tangan sehabis berziarah
Jakarta (ANTARA) - Taman Pemakaman Umum (TPU) Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat ramai peziarah di Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah, Minggu.

Sejak pagi, keberadaan peziarah di hari Lebaran pertama tampak merata di blok pemakaman umum, maupun blok makam khusus pasien COVID-19.

Pembatas garis polisi membedakan blok makam umum dan makam pasien COVID-19.

Protokol kesehatan COVID-19 diberlakukan di kawasan TPU Tegal Alur. Para peziarah wajib menggunakan masker dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Selain itu, sebelum masuk dan keluar TPU Tegal Alur, terutama di blok makam pasien COVID-19, petugas melakukan disinfeksi kepada para peziarah.

Terik siang menyengat tak menghalangi niat peziarah berdoa di pusara keluarga yang telah wafat, seperti salah satu pengunjung makam, Teguh (30).

Bersama beberapa anggota keluarganya, Teguh berziarah ke makam ayahnya yang dimakamkan dengan protokol COVID-19 di TPU Tegal Alur.

"Yang penting kita tetap ikuti aturan pemerintah, pakai masker dan cuci tangan sehabis berziarah," ujar dia.

Ziarah pun telah menjadi tradisi bagi keluarga Yandri (50). Meski mengaku sedikit takut, tapi rasa tersebut kalah dengan niatnya mendoakan orang tuanya yang telah wafat.

"Rasa takut pasti ada, tapi namanya ini Lebaran, kita juga mau berziarah ke makam orang tua, minimal setahun sekali. Yang penting kita pakai masker, cuci tangan dan tidak ajak anak kecil," kata Yandri.

Baca juga: Pedagang bunga di sejumlah TPU raup omzet jutaan rupiah
Baca juga: Warga Jakarta padati tempat pemakaman umum



 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020