800 kendaraan pemudik di Sumatera Utara disuruh putar balik

800 kendaraan pemudik di Sumatera Utara disuruh putar balik

Personel Polda Sumatera Utara berpatroli guna mengantisipasi masyarakat yang melaksanakan takbir keliling malam takbiran Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah di tengah masa pandemi Covid-19 di Medan. ANTARA/Nur A Sitorus

Medan (ANTARA) - Kepala Polda Sumatera Utara, Inspektur Jenderal Polisi Martuani Sormin, mengatakan, hingga saat ini sebanyak 800 kendaraan pemudik yang disuruh putar balik ke wilayah asalnya masing-masing.
 
"Kendaraan yang kami pulangkan baik roda dua maupun roda empat, yang paling banyak adalah mobil pribadi itu ada 800 unit," katanya, kepada wartawan, Sabtu malam (23/5).

Baca juga: Menghalau pemudik
 
Ia mengatakan, bagi pemudik yang hendak masuk ke Sumatera Utara saat pandemi Covid-19 ini akan dicek kondisi kesehatannya dan harus dilengkapi dengan surat sehat.
 
"Pemudik yang kami putar balik karena penumpangnya tidak memenuhi syarat masuk Sumatera Utara yaitu keterangan melalui metode uji cepat, satu hal yang kita perlukan adalah uji cepat," katanya.

Baca juga: Polda Metro kembali pergoki mobil travel bawa pemudik
 
Dalam hal ini, kata dia, mereka sudah mendirikan 89 pos pengamanan dan 25 pos pemeriksaan untuk mengantisipasi para pemudik yang masuk atau keluar dari wilayah Sumut.
 
"Untuk jumlah personel, hampir 11.000 personel gabungan yang libatkan untuk pos pengamanan termasuk di pos pemeriksaan," katanya.

Baca juga: Korlantas ungkap pemudik lakukan berbagai cara kelabui petugas
Pewarta : Nur Aprilliana Br. Sitorus
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2020