...menjelang Idul Fitri permintaan banyak, jadi kita naikkan
Indramayu (ANTARA) - Harga daging sapi di pasar tradisional Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, melonjak dari normal Rp120 ribu menjadi Rp160 ribu per kilogram sehari menjelang Idul Fitri 1441 Hijriah .

"Saat ini harga daging sapi per kilogram kita jual Rp160 ribu," kata pedagang daging sapi di Pasar Baru Kabupaten Indramayu Ahmad Sutrisno di Indramayu, Sabtu.

Kenaikan harga daging sapi biasanya atau normalnya yaitu Rp120 ribu per kilogram, namun sejak beberapa hari, terutama menjelang Idul Fitri 1441 H, harga terus merangkak naik.

Menurut Sutrisno, kenaikan tidak sekaligus namun lima hari menjelang Lebaran itu per hari naik Rp10 ribu dan sampai puncaknya pada sehari menjelang Idul Fitri yang tembus Rp160 ribu per kilogram.

"Kenaikannya hampir setiap hari menjelang Lebaran dari Rp10 ribu sampai Rp40 ribu," tuturnya.

Baca juga: Penuhi kebutuhan daging, Kementan dorong pengembangan sapi pasundan

Dia mengatakan kenaikan tersebut dikarenakan permintaan cukup besar, terutama lima hari menjelang Idul Fitri, sehingga mau tidak mau harus naik.

Senada dengan Sutrisno, pedagang lain Sunarto juga mengatakan hal senada. Menjelang Lebaran harga daging sapi dari tahun ke tahun memang selalu naik dan itu sudah wajar.

Sunarto menuturkan sebelum dan saat bulan Ramadhan datang, harga daging sapi tidak naik dan tidak turun, hal ini dikarenakan permintaan juga tetap serta ketersediaan masih cukup.

"Kalau awal puasa permintaan masih biasa, kadang malah turun apalagi pada masa sekarang ini yang serba sulit, jadi harga tidak naik. Tapi menjelang Idul Fitri permintaan banyak, jadi kita naikkan," katanya.

Baca juga: Harga daging sapi di Mataram tembus Rp150 ribu per kilogram

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020