Jakarta (ANTARA) - Academy of Motion Picture Arts and Science dilaporkan sedang mempertimbangkan untuk menunda perhelatan Academy Awards atau Oscars ke-93 2021.

Siaran untuk Oscars 2021 sendiri masih ditetapkan untuk tayang pada 28 Februari 2021, di stasiun televisi ABC.

"Kemungkinan mereka akan ditunda," salah satu sumber yang akrab dengan masalah ini mengatakan kepada Variety, Kamis.

Namun, orang itu memperingatkan bahwa detail lainnya, termasuk kemungkinan tanggal baru, belum sepenuhnya dibahas atau secara resmi diusulkan. Sumber lain mengatakan tanggalnya saat ini tidak berubah di ABC.

Baca juga: Tahun depan, Oscar terima film yang hanya tayang di platform streaming

Baca juga: "Call Me By Your Name" sekuel kedua dikonfirmasi sutradara


Presiden Academy David Rubin mengatakan kepada Variety bahwa terlalu dini untuk mengetahui bagaimana siaran televisi Oscars 2021 dapat berubah setelah pandemi.

"Mustahil untuk mengetahui lanskap apa yang akan terjadi," katanya. "Kami tahu kami ingin merayakan film tetapi kami tidak tahu persis bagaimana bentuknya."

Di bawah aturan yang biasa, sebuah film harus memiliki rilis teater tujuh hari di Los Angeles untuk memenuhi syarat ikut bersaing memperebutkan piala Oscar.

Tetapi untuk tahun ini, film yang dirilis secara digital dapat memenuhi syarat jika studio awalnya merencanakan rilis teater.

"Saya pikir semua orang bersimpati dengan keadaan para pembuat film dan kami di sini untuk mendukung anggota kami dan komunitas film," kata Rubin.

Perubahan aturan baru juga termasuk memungkinkan teater kualifikasi Oscar berlangsung di New York, Chicago, Miami, Atlanta dan Bay Area, bukan hanya di Los Angeles.

Academy masih menolak berkomentar untuk kabar ini.

Tidak jelas apakah menunda Oscar juga akan berarti bahwa Academy akan mengizinkan film yang dirilis setelah batas waktu akhir tahun untuk memenuhi syarat untuk Oscar 2021.

Baca juga: Perhiasan paling mahal di karpet merah Oscars 2020

Baca juga: Kata Raline Shah soal kemenangan "Parasite" di Oscars 2020

Baca juga: Natalie Portman pakai jubah protes di Oscar 2020

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020