Hal ini menunjukkan kepedulian BUMN di daerah dalam menangani dampak pandemi COVID-19
Pontianak (ANTARA) - Satgas Bencana Nasional BUMN Provinsi Kalimantan Barat telah menyalurkan bantuan senilai Rp3,892 miliar untuk membantu penanganan COVID-19 di provinsi itu sejak awal April 2020.

Menurut Luki Setiawan Suardi, Direktur SDM PT Aneka Tambang Tbk selaku Koordinator Satgas Bencana Nasional BUMN Provinsi Kalbar saat dihubungi di Pontianak, Kalbar, Rabu, bantuan tersebut diserahkan dalam berbagai bentuk seperti alat pelindung diri dan paket sembako.

"Ini tersebar di seluruh daerah di Kalbar," kata dia. Ia menegaskan, hal ini menunjukkan kepedulian BUMN di daerah dalam menangani dampak pandemi COVID-19.

Baca juga: Gabungan BUMN di Kalbar serahkan bantuan APD penanganan COVID-19

Rinciannya, dari dana tersebut dialokasikan untuk pembelian 2.148 alat pelindung diri (APD), 1.000 rapid test, 4.360 buah masker N95, dan 783 liter cairan disinfektan.

Kemudian, 465 liter hand sanitizer, 29 unit wastafel, 22 ribu masker, 38 unit bilik disinfektan, 1.200 VTM dan 18.461 paket sembako.

Ia menambahkan, di Kalbar ada puluhan BUMN yang tergabung dalam Satgas Bencana Nasional dan sudah bergerak untuk membantu.

Selain itu, untuk menjangkau hingga daerah, juga sudah dibentuk satgas tingkat kabupaten/kota.

Tujuan pembentukan satgas di kabupaten/kota, tujuannya untuk memudahkan koordinasi dengan BUMN lain yang ada di wilayah tersebut. "Juga dengan pemda setempat termasuk rumah sakit yang menangani pasien," kata dia.

Ia melanjutkan, sesuai arahan dari Menteri BUMN Erick Thohir bahwa BUMN membantu daerah dalam menangani pandemi COVID-19.

Ia menambahkan pula kegiatan Satgas Bencana Nasional BUMN tidak terhenti setelah Idul Fitri mendatang. Namun akan terus berkelanjutan hingga pandemi berakhir.

"Semoga pandemi ini segera berakhir, dan semua dapat beraktivitas dengan normal kembali," ujar dia.

Sementara itu, Gubernur Kalbar Sutarmidji saat bertemu direksi PTPN XIII di Pontianak mengingatkan agar perusahaan memperhatikan warga sekitar yang terkena dampak pandemi COVID-19.

Satgas Nasional Bencana BUMN di Provinsi Kalbar terdiri atas 22 perusahaan.

Baca juga: Tiga BUMN berangkatkan 23 siswa terpilih Kalbar untuk Program SMN

Pewarta: Teguh Imam Wibowo
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2020