Jakarta (ANTARA) - Toyota Indonesia yang terdiri dari PT Toyota-Astra Motor (TAM) dan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) beserta dengan dealer dan afiliasinya memberikan bantuan untuk menunjang tenaga medis menangani wabah virus Corona baru atau COVID-19, melalui Palang Merah Indonesia (PMI) dan Kementerian Kesehatan.

Bantuan yang diberikan hari ini di Jakarta, Kamis, berupa perlengkapan untuk menunjang kerja tenaga medis antara lain berupa 5 unit Kijang Innova Ambulance dan berkolaborasi dengan PT Serasi Autoraya (SERA) menyediakan 68 unit mobil untuk menunjang mobilitas tenaga medis COVID-19 di 15 kota besar di Indonesia.

Selain itu juga 105.000 Alat Pelindung Diri (APD) yang terdiri dari Gloves, Protection Clothes, Disposable Medical Mask, Non-Medical Mask, Medical Goggle, Medical Cap, Shoe Cover, N-95 Mask dan Face Shield serta juga Vitamin. Kemudian kebutuhan pokok rumah tangga dan juga berbagi keahlian Toyota Production System (TPS) untuk mendukung perbaikan sistem logistik terutama PMI agar lebih efisien.

Baca juga: Pendapatan operasi Toyota turun karena corona

“Kami menyadari, kebutuhan untuk memerangi pandemi ini sangat besar dan Toyota Indonesia akan terus berupaya untuk memberikan berbagai kontribusi melalui program Toyota Ada Untuk Anda. Kami berharap donasi ini dapat mendukung sarana dan prasana dalam percepatan penanganan wabah COVID-19,” kata Presdir TAM Susumu Matsuda, melalui keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Pada kesempatan itu Presdir TMMIN Warih Andang Tjahjono mengatakan pihaknya juga berbagi pengetahuan dan pengalaman di bidang manufaktur, supply chain, manajemen stok hingga penanganan logistik kepada berbagai pihak yang membutuhkan.

"Kami berharap dukungan ini dapat memberikan nilai tambah serta efisiensi di berbagai sektor terutama bagi pihak-pihak yang berhadapan langsung dengan pandemi COVID-19,” kata Warih.

Baca juga: Toyota Innova versi ambulans banyak diminta selama COVID-19

Sebelumnya Toyota Indonesia juga telah melakukan beberapa kontribusi untuk mendukung penanggulangan wabah COVID-19 antara lain mengambil bagian dalam mendukung dan memfasilitasi Industri Kecil Menengah (IKM) yang memiliki kapabilitas rancang bangun untuk mempercepat pengembangan alat kesehatan dan APD di dalam negeri.

"Beberapa supply chain Toyota saat ini, dengan bekerja sama dengan pihak-pihak berkepentingan, terlibat dalam pengembangan berbagai APD seperti medical google, flocked swab, hazmat suit, bag valve mask, dan face shield. Harapannya, keterlibatan pemasok lokal Toyota akan dapat mempercepat dan memperbanyak produksi APD di dalam negeri sehingga dapat mendukung upaya melawan COVID-19 di Indonesia," katanya.

Lebih jauh dikemukan bahwa bantuan untuk penanganan wabah COVID-19 ini telah menjadi program global Toyota.

" Sebagai perusahaan yang selalu mengedepankan semangat good citizenship, Toyota selalu berupaya untuk berkontribusi dan berperan aktif dalam memberikan yang terbaik di setiap negara, termasuk Indonesia," kata Matsuda.


Pewarta: Risbiani Fardaniah
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2020