Jakarta (ANTARA) - Para pengusaha Indonesia bersama Artha Graha Peduli (AGP) membagikan sembako kepada warga yang membutuhkan di bulan Ramadhan di tengah pandemi COVID-19.

"Biasanya setiap Ramadhan, ada Pasar Murah Sembako AGP yang selalu didukung oleh para pengusaha nasional. Kali ini dengan dukungan para pengusaha nasional AGP melakukan bantuan sembako dan bantuan lainnya langsung diberikan kepada warga kurang mampu secara gratis dengan tetap mengikuti protokol medis seperti menjaga jarak dan memakai masker," kata Senior Artha Graha Peduli (AGP) Letjen TNI (Purn) Kiki Syahnakri dalam keterangan tertulis yang diterima diJakarta, Selasa.

Paket sembako juga diberikan kepada para janda dan keluarga TNI yang gugur saat tugas membela negara.

Baca juga: Kondisi 12 WNI positif COVID-19 di Singapura stabil

Pada masa sulit akibat COVID-19, sebagian besar warga mengalami kesulitan ekonomi dan harus mendapat bantuan sembako dan bantuan lainnya untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Awal Ramadhan, AGP membuka dapur umum di Kecamatan Pademangan Jakarta Utara sejak 1 Mei 2020 sampai 10 Mei 2020. Dapur umum itu dikelola oleh warga setempat dan relawan AGP dengan tetap memakai masker dan sarung tangan ketika memasak.

Setiap hari, warga dan AGP memasak 200 porsi makanan yang kemudian diantar oleh relawan AGP ke rumah warga masing-masing agar penduduk tetap di rumah. Selain di Pademangan, AGP juga memberikan bantuan peralatan untuk Dapur Umum Kasih Bhayangkari di Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Sebelum Ramadhan, AGP telah membuka rumah sakit lapangan (Rumkitlap) di Jalan Pasir Putih Raya No. 40 Ancol, Jakarta. Rumah sakit itu memiliki fasilitas lengkap seperti tes cepat, pemeriksaan darah, ruang bedah, ruang isolasi, ruang perawatan biasa dan lain-lain dalam rangka percepatan penanganan COVID-19.

Rumah sakit itu dibangun selama tiga pekan dan dioperasikan sejak 24 Maret 2020 dengan 15 dokter internal, delapan dokter spesialis relawan dari berbagai rumah sakit dan puskesmas, 34 perawat, serta sejumlah relawan yang telah dibekali protap kesehatan. Hingga 11 Mei 2020, total ada lebih dari 9000 warga yang sudah melakukan tes cepat (rapid test) deteksi COVID-19 di rumah sakit itu.

Baca juga: Gugas Batam catat 44 pasien positif COVID-19

Tes cepat deteksi COVID-19 juga diadakan oleh AGP di beberapa lokasi yang berdekatan dengan unit usaha AG Group seperti di Takokak dan Cipanas di Jawa Barat, Kendal di Jawa Tengah, Serang di Banten, Banyuasin di Sumatera Selatan, Kubu Raya di Kalimantan Barat, Kayong Utara di Kalimantan Barat, Mandailing Natal di Sumatera Utara, serta Padang Lawas Utara di Sumatera Utara.

Selain memberikan paket sembako gratis, AGP bersama PT Angel Product melakukan operasi pasar gula di Banten dan Jabodetabek. Bersama PT. Industri Gula Nusantara, AGP melakukan operasi pasar gula di Jawa Tengah, Semarang, Kendal dan Solo. Operasi pasar tersebut bertujuan untuk membantu pemerintah menekan harga gula di pasar.

Kegiatan pemberian sembako juga dilakukan oleh AGP bersama Bank Artha Graha Internasional (BAGI) melalui program beras Jumat. Selain itu AGP bersama BAGI juga melakukan program kampung binaan di sekitar wilayah cabang BAGI.

Untuk paket sembako dan bantuan lainnya yang diberikan AGP didukung oleh para pengusaha nasional Indonesia antara lain Sinarmas, Indofood, Wings Grup, Bimoli, Central Omega Resources, Tambang Damai, Samora Grup, Indochlor, Bank Victoria, PT. Sembada, dan Yayasan Budha Tzu Chi, Wihara Satrya Dharma, Yayasan Wihara Dharma Bakti, Yayasan Mochamad Thohir, MusTi, serta pengusaha-pengusaha yang tergabung di dalam AG Group, AG Network.

"Semoga bantuan ini bisa meringankan beban masyarakat yang sedang menghadapi bencana besar wabah COVID-19,” ujar Kiki.

***3***

Baca juga: Gugus Tugas: Kita harus beradaptasi dalam beraktivitas saat pandemi
Baca juga: Gubernur Jabar: Jumlah pasien positif corona dirawat di RS turun
Baca juga: ITB kembangkan unit disinfeksi APD untuk tenaga medis

Pewarta: Martha Herlinawati S
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020