Semarang (ANTARA) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menggalang dana untuk seniman yang terdampak pandemi COVID-19 dengan menggelar pertunjukan virtual "Panggung Kahanan" sepekan tiga kali di rumah dinasnya.

"Mudah-mudahan Panggung Kahanan ini tetap mendorong seniman untuk berkarya, makanya kita dorong untuk ada donasi agar teman-teman seniman tetap urip (hidup)," kata Ganjar di Semarang, Selasa.

Ia mengatakan bahwa selama pandemi COVID-19 para seniman telah kehilangan kesempatan menggelar pertunjukan, sumber pendapatan mereka.

Lewat pertunjukan seni "Panggung Kahanan" yang siaran langsungnya dapat disaksikan lewat saluran YouTube dan akun Facebook Ganjar Pranowo, penggalangan dana dilakukan untuk membantu para seniman agar tetap bisa berkreasi semasa pandemi.

Warga yang ingin membantu seniman yang terdampak pandemi COVID-19 bisa menyalurkan sumbangan ke rekening Bank Jateng nomor 2032191919 atas nama Panggung Kahanan.

​​​​​​"Semoga para seniman yang terdampak COVID-19 ini tetap berkreasi, tetap berkarya," kata Ganjar.

Zahrotul Walidah, vokalis grup musik Kasidah EzzurA yang selama wabah tidak bisa manggung, menyebut "Panggung Kahanan" sebagai berkah Ramadhan bagi para seniman di tengah wabah COVID-19.

"Memang kita mesti tetap kreatif dan tidak boleh berhenti berkarya. Harapan kami semoga kreativitas dari Pak Ganjar dengan menyediakan ruang ini bisa ditiru teman-teman seniman," katanya.

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2020