PLTM Taman asri terrmasuk dalam PLTA yang dimaksud dalam Permen ESDM tersebu
Surabaya (ANTARA) - PT PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur melakukan perjanjian pembelian energi commercial operation date (COD) dengan PT Akasa Eko Energi untuk Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTM) Taman Asri yang terletak di Ampelgading, Malang, dan akan memperkuat pasokan listrik di Provinsi Jawa Timur.

General Manager PLN UID Jawa Timur, Bob Saril di Surabaya, Senin mengatakan, PLTM ini memiliki kapasitas 2 x 315 kW + 1 x 540 kW atau setara dengan 1.170 kW.

Sementara untuk daya yang dijual kepada PLN, yakni sekitar 1.154 kW dengan capacity factor 65 persen yang akan mampu melayani kurang lebih 650 pelanggan dengan daya 1.300VA.

Baca juga: PLN Jatim siapkan listrik 300 kVA untuk Piala Dunia U-20

Harga pembelian energi listrik PLN dari PLTM Taman Asri sebesar Rp870/kWh, dan dicantumkan klausul lama perjanjian yang akan berlangsung selama 25 tahun sejak COD.

"Power Purchase Agreement sebelumnya telah kita laksanakan pada tahun 2017, lalu tahun 2018-2019 progres pembangunan sipil beserta peralatan mekanikal-elektrikal, kemudian untuk COD baru saja kami laksanakan," kata Bob, kepada wartawan.

Ia mengatakan, pembelian ini juga mengacu Permen ESDM No. 19 Tahun 2015 yang digunakan untuk mendasari perjanjian jual beli tenaga listrik.

Permen tersebut menugaskan PLN untuk membeli tenaga listrik dari PLTA dengan kapasitas sampai dengan 10 MW dari badan usaha yang telah memiliki IUPTL.

Baca juga: PLN prediksi beban puncak di Jatim pada 2020 naik 3,3 persen

PLTA yang dimaksud ini merupakan PLTA yang memanfaatkan tenaga dari aliran/terjunan air di sungai dan PLTA yang memanfaatkan tenaga air dari waduk/bendungan atau saluran irigasi yang pembangunannya bersifat multiguna.

"PLTM Taman asri terrmasuk dalam PLTA yang dimaksud dalam Permen ESDM tersebut," ucap Bob menjelaskan.

Bob mengatakan, dengan adanya pasokan listrik dari PLTM Taman Asri akan mendukung terjaminnya pasokan listrik yang tercukupi di Jawa Timur, dan tentunya mendukung komitmen PLN UID Jawa Timur untuk mendukung iklim investasi dan pengembangan perekonomian di Jawa Timur serta bagian komitmen PLN untuk memenuhi target bauran Energi Baru Terbarukan.

Baca juga: PLN Jatim kumpulkan pemegang kebijakan pacu ekonomi wilayah

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2020