Buka penerbangan domestik, Sriwijaya belum layani jalur Solo

Buka penerbangan domestik, Sriwijaya belum layani jalur Solo

Pesawat Sriwijaya (ANTARA)

Solo (ANTARA) - Maskapai penerbangan Sriwijaya Air segera membuka penerbangan rute domestik dengan persyaratan khusus menyusul pernyataan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi terkait diperbolehkannya kembali operasional seluruh moda transportasi.

"Penerbangan ini terbatas, untuk keperluan penanganan COVID-19 serta kegiatan bisnis dan perniagaan. Jadi bukan untuk mudik," kata Branch Manager Sriwijaya Air Surakarta Taufik Usman di Solo, Senin.

Ia mengatakan sejauh ini penerbangan rute domestik tersebut dibuka mulai tanggal 13-31 Mei 2020. Meski demikian, dikatakannya, untuk sementara ini belum ada penerbangan rute Solo yang dilayani oleh maskapai tersebut.

Sementara itu, terkait dengan persyaratan khusus tersebut, dikatakannya, salah satunya sebelum terbang penumpang wajib membawa surat keterangan perjalanan dari instansi pemerintahan atau swasta.

"Ini untuk menerangkan penumpang tidak melakukan perjalanan mudik. Syarat ini juga dilengkapi dengan surat keterangan sehat, bebas dari COVID-19, bisa rapid test atau swab test yang masih berlaku maksimal tujuh hari saat keberangkatan," katanya.

Ia mengatakan persyaratan khusus tersebut sesuai dengan yang ditetapkan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 melalui Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan COVID-19 yang mengatur kebijakan mengenai larangan aktivitas mudik.

"Dengan demikian, Sriwijaya Air Group hanya akan melayani pelanggan yang melakukan perjalanan kedinasan, repatriasi WNI, pelajar, pekerja migran, atau pemulangan orang dengan alasan khusus, pasien yang membutuhkan pelayanan kesehatan darurat dan pelanggan yang keluarganya sakit keras atau meninggal dunia dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang berlaku," katanya.

Sebelumnya, Perwakilan Humas Bandara Adi Soemarmo Danar Dewi mengatakan maskapai penerbangan Citilink mulai terbang rute Cengkareng-Solo-Cengkareng pada Minggu (10/5) setelah sempat tertunda pada Jumat (8/5) dengan alasan operasional.

"Pada hari Minggu tersebut, maskapai Citilink dengan nomor penerbangan QG 760/761 rute Cengkareng-Solo-Cengkareng landing pukul 13.10 WIB dan berangkat kembali pukul 13.50 WIB," katanya.

Ia mengatakan pada saat kedatangan, maskapai tersebut membawa tiga orang penumpang dan saat kembali berangkat ke arah Soekarno-Hatta membawa satu orang penumpang.

"Jumlah penumpang yang dibawa hanya sedikit karena ada kriterianya untuk bisa melakukan perjalanan melalui pesawat di tengah pandemi COVID-19," katanya.

Baca juga: Sriwijaya Air Group kembali layani penerbangan domestik 13 Mei 2020

Baca juga: Empat maskapai penerbangan layani penerbangan melalui Bandara YIA

Baca juga: Bandara Semarang layani penerbangan terbatas saat pandemi COVID-19

 
Pewarta : Aris Wasita
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020