Jakarta (ANTARA) - Setelah mengumumkan kelulusan siswa secara daring, kali ini SMA Negeri 8 Jakarta menggelar acara perpisahan untuk siswa Kelas XII atau Kelas 3 juga dilakukan secara daring pada Rabu.

Kepala Sekolah SMA Negeri 8 (Smandel) Jakarta, Rita Astuti mengatakan, siswa Kelas XII telah menyelesaikan pendidikannya selama tiga tahun dan dinyatakan lulus tanggal 2 Mei 2020.

"Kami hari ini ada acara pelepasan siswa kelas XII secara daring, sebagai bentuk apresiasi atas kelulusan mereka," kata Rita saat dikonfirmasi ANTARA di Jakarta.

Rita mengatakan, total ada 321 siswa Kelas XII yang dinyatakan lulus tahun ini, acara pelepasan secara daring dimulai pukul 09.30 WIB.

Acara pelepasan siswa Kelas XII tersebut bersamaan dengan Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2020 yang diadakan oleh SMA Negeri 8 yang terletak di Bukit Duri, Jakarta Selatan.

"Acara pelepasan diikuti oleh seluruh peserta didik, guru maupun murid," kata Rita.

Baca juga: SMAN 8 Jakarta efektif belajar pascabanjir

Rita menyebutkan, sangat rindu ingin bertemu dengan murid-muridnya siswa Kelas XII untuk bertatap muka langsung dan menyatakan kegembiraannya atas kelulusan mereka.

Namun, kelulusan maupun pelepasan siswa tahun ini tidak seperti tahun sebelumnya karena adanya pandemik COVID-19 yang mengharuskan siswa belajar dari rumah karena adanya aturan pembelajaran jarak jauh.

"Sebenarnya kita kepingin secara tatap muka langsung menyatakan selamat kepada peserta didik, tapi tidak bisa kita hanya bisa bertemu melalui video telekonferensinya itu, jadi cukup gimana perasaannya teraduk-aduk untuk anak-anak angkatan 2020 ini," kata Rita.

Dalam situasi dan kondisi saat ini, pihaknya harus menerima dan menyadarinya. "Karena tidak memungkinkan untuk bertatap muka langsung, maka untuk menyemangati para siswa dengan membuat video ucapan kelulusan bagi para siswa," katanya.

Melalui video berdurasi 1,5 menit tersebut, Rita merekam suaranya berisi ucapan selamat dan pesan-pesan kepada anak didiknyà. Video tersebut lalu diunggah ke website sekolah supaya bisa disaksikan oleh seluruh siswa dan para orang tua.

"Pada acara pelepasan ini kita juga membuat video berdurasi 15 menit, berisi video dari anak-anak yang lulus dan juga gurunya," kata Rita.
Baca juga: SMAN 8 pindahkan KBM ke UI antisipasi banjir susulan

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020