New York (ANTARA) - Dolar AS bersinar lagi, menguat terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya pada akhir perdagangan Senin (Selasa pagi WIB), didukung oleh aliran safe-haven ketika minat terhadap aset berisiko berkurang di tengah kekhawatiran bahwa sengketa China-AS tahun lalu akan dihidupkan kembali, kali ini terkait virus corona baru.

Presiden AS Donald Trump dan Menteri Luar Negera Mike Pompeo menyematkan kesalahan untuk pandemi pada China, tempat wabah virus corona diyakini berasal.

Serangan terbaru datang pada Minggu (3/5) dari Pompeo, yang mengatakan ada "sejumlah besar bukti" bahwa virus itu muncul dari sebuah laboratorium di kota Wuhan di China tengah.

Para analis memperdebatkan bagaimana Amerika Serikat mungkin berusaha untuk membalas, dengan lebih banyak tarif perdagangan atau membatalkan pembayaran pada surat utang negara AS yang dimiliki China. Mereka semua setuju bahwa pasar valas secara keseluruhan akan melihat volatilitas yang lebih tinggi.

Erik Bregar, kepala strategi valas di Exchange Bank of Canada, mengatakan dia mengamati dengan cermat tanda-tanda "Perang Perdagangan AS-China 2.0 dan kemungkinan memaksakan pendanaan dolar AS lagi."

Dalam perdagangan sore, indeks dolar naik 0,3 persen pada 99,529, menguat untuk hari kedua berturut-turut.

Dolar juga memperpanjang kenaikan setelah data menunjukkan pesanan baru untuk barang-barang buatan AS turun lebih besar dari yang diperkirakan pada Maret, jatuh 10,3 persen. Para ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan pesanan pabrik jatuh 9,7 persen pada Maret.

Euro melemah 0,7 persen menjadi 1,0907 dolar, sementara sterling turun 0,3 persen menjadi 1,2441 dolar.

"Banyak investor semakin skeptis tentang rebound yang kami lihat dalam selera risiko sejak terendah 23 Maret di saham," kata Ed Moya, analis pasar senior di OANDA di New York.

"Anda akan melihat investor menjadi sangat konservatif dan kami akan melihat aliran arus safe-haven yang stabil, yang seharusnya menguntungkan dolar."

Dengan ketegangan China-AS, yuan China jatuh ke level terendah enam minggu di 7,1555 terhadap dolar di pasar luar negeri. Dolar terakhir sedikit berubah pada 7,1334, tetapi jika yuan jatuh lagi, level berikutnya yang akan diawasi adalah terendah pertengahan Maret, 7,1651 dan terendah sejak awal September 1975.

Likuiditas dolar di pasar swap valuta euro dan yen juga menunjukkan tekanan sedikit lebih besar pada Senin (4/5), setelah berminggu-minggu pasokan mata uang AS yang stabil yang menunjukkan berkurangnya tekanan pendanaan.

Swap tiga bulan euro/dolar melebar pada Senin (4/5) menjadi -50 basis poin, setelah mencapai premi 60 basis poin yang mendukung euro pada awal April.

Swap tiga bulan yen/dolar juga melebar ke sekitar -9,250 basis poin, setelah mencapai premi positif dalam mendukung mata uang Jepang awal bulan lalu.

Angka-angka menunjukkan bahwa menukar yen dan euro ke dolar AS semakin sedikit lebih mahal dalam swap dibandingkan dengan harga yang terlihat bulan lalu.

Namun demikian, dolar jatuh terhadap yen, mata uang safe-haven lain, diperdagangkan 0,2 persen lebih rendah pada 106,72 yen,

Baca juga: Penyeimbangan akhir bulan, dolar jatuh terhadap euro, menguat pada yen
Baca juga: Dolar AS jatuh setelah Fed biarkan suku bunga acuan tidak berubah
Baca juga: Dolar jatuh, investor tunggu pertemuan Fed, penyeimbangan akhir bulan

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020