Solo (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kota Surakarta melakukan bakti sosial dengan tema "Berbagi Sesama" kepada masyarakat yang membutuhkan di tengah pandemi COVID-19 di Kota Solo, Kamis.

Kegiatan baksos "Berbagi Sesama" yang digelar KPU Surakarta tersebut dipimpin langsung oleh Ketua KPU Kota Surakarta Nurul Sutarti, dengan cara mendatangi langsung ke rumah masing-masing warga yang diberikan paket sembako untuk meringankan beban mereka yang terdampak pandemi COVID-19.

Baca juga: Brimob Polda Sumut beri bantuan warga terdampak COVID-19 di Medan

Baca juga: Ditpolairud Polda Jambi bagikan sembako di perairan sungai Batanghari

Baca juga: Brimob Polda Sultra-Yonif 725/Woroagi baksos berbagi sembako


KPU awalnya menyerahkan bantuan paket sembako kepada masyarakat di sekitar kantor KPU Surakarta baik itu tukang sampah, pekerja harian, pedagang makanan, dan kaki lima.

KPU kemudian mendatangi warga tuna netra yang terdampak atau bekerja sebagai pemijat di Mangkubumen Banjarsari Solo, Self Help Group (SHG) tuna daksa lansia di Penumping, warga disabilitas di Jalan Trisula 3 Kauman.

KPU juga mendatangi warga disabilitas psikososial atau orang dengan gangguan jiwa yang hidup bersama keluarganya Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia (KPSI) Solo.

Menurut Ketua KPU Kota Surakarta Nurul Sutarti KPU Surakarta selain bertugas sebagai penyelenggara Pemilu, tetapi di tengah pandemi COVID-19 ini, ikut berbagi untuk warga disabilitas dan warga kurang mampu di sekitar kantor KPU Surakarta.

"Kami berbagi dengan menyerahkan bantuan paket sembako dengan cara diberikan langsung ke rumah masing-masing penerima, guna menghindari kerumunan. Kami tetap berlaku sesuai protokol kesehatan aman social distancing dan physical distancing untuk mencegah penyebaran COVID-19," kata Nurul.

Menurut Nurul selain membagikan paket sembako, juga memberikan sosialisasi kepada warga untuk tetap menjaga pola hidup sehat dengan mencuci tangan dengan sabun, mengenakan masker, dan tetap di rumah saja guan memutus rantai penyebaran COVID-19.

"Kami juga mengimbau masyarakat jika keluar rumah agar mengenakan masker, jaga jarak, dan tidak bersalaman. Kami membagikan sebanyak 75 paket sembako yang dibagikan kepada warga yang membutuhkan," katanya.

Paket sembako yang dibagikan untuk warga yang membutuhkan tersebut terdiri dari beras, gula, minyak goreng, mie instan, teh, kecap, saus sambal, dan masker. Dana itu, dari donasi anggota KPU baik itu, komisioner dan bagian sekretariat.

"Dana ini, terkumpul dari keterbatasan KPU ini, masih bisa bersyukur untuk berbagi kepada warga yang membutuhkan di tengah pandemi," katanya.

Darmo salah satu warga penerima warga Sumber Solo, mengatakan dirinya merasa bersyukur mendapatkan paket sembako dari KPU. Dirinya yang berjualan minuman di tengah pandemi ini, sangat sepi pembeli, apalagi bulan puasa hampir tidak ada pembeli.

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2020