Jakarta (ANTARA News) - Pemegang saham PT Indika Energy (INDY) Tbk menyetujui rencana perusahaan itu mengakuisisi 81,95 persen saham PT Petrosea (PTRO) Tbk.

Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), Rabu, pemegang saham Indika juga menyetujui penawaran tender untuk seluruh sisa saham Petrosea yang dimiliki publik.

Direktur Utama Indika Energy, Arsjad Rasjid, dalam konferensi pers di Jakarta mengatakan, nilai transaksi akuisisi tersebut maksimal 83,834 juta dolar AS dengan syarat direksi perseroan menelaah lebih lanjut pengambilalihan tersebut.

"Perjanjian awal dengan Petrosea, penyelesaian transaksi akan dilakukan 30 Juni 2009, kalau ada perpanjangan harus dibicarakan oleh kedua pihak," kata Arsjad.

Dia juga menjelaskan tentang kewajiban perseroan untuk melepas kembali saham ke publik setelah dilakukannya tender offer.

"Kami akan menghormati ketentuan Bapepam, dimana kewajiban tersebut dilakukan setelah dua tahun akuisisi, namun waktunya belum dipikirkan saat ini," kata Arsjad.

Direktur Keuangan Indika Energy, Azis Ahmad, dalam kesempatan yang sama mengatakan, setelah selesai transaksi akuisisi ini, pendapatan Petrosea akan dikonsolidasikan 50-100 persen ke perseroan.

Menurut Aziz, pendapatan Indika Energy 2009 diproyeksikan 170 hingga 180 juta dolar AS, sementara Petrosea diperkirakan mencapai 120 juta dolar AS.

(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009