kita masih bisa mendapatkannya, bahkan dengan kualitas yang terbaik
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 140 ribu set Alat Pelindung Diri (APD) donasi dari Yayasan Amal Ishihara (Ishihara Charity Foundation) Taiwan, tiba di Jakarta, Sabtu ini, untuk membantu penanganan COVID-19 di Indonesia.

Bantuan tersebut dijemput langsung ke lokasi pabriknya di Phnom Penh, Kamboja, dengan menggunakan Hercules C130 miliki TNI Angkata Udara.

Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kemenko Kemaritiman dan Investasi Purbaya Yudhi Sadewa dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu, menjelaskan pesawat bersama 13 awaknya berangkat dari Pangkalan udara Halim Perdanakusumah pada Jumat (24/4) pagi untuk menjemput bantuan seberat 12.256 kg yang terdiri 140 ribu set APD bernilai 540.000 dolar AS.

Setelah bermalam di Pangkalan Udara Kepulauan Natuna, Sabtu pagi pesawat ini melanjutkan perjalanan ke Jakarta.

Baca juga: Pelindo III bantu 1.500 APD di tujuh RS Surabaya dan Bali

Baca juga: Bantuan APD untuk tenaga medis di Palu terlus mengalir

"Di tengah langka dan sulitnya mendapatkan APD, baik itu berupa baju risiko tinggi, baju pelindung biasa atau bahkan masker, kita masih bisa mendapatkannya, bahkan dengan kualitas yang terbaik. Apresiasi tertinggi juga kami sampaikan kepada pimpinan TNI AU yang telah membantu mengirimkan pesawat Hercules beserta awaknya ke Phnom Penh untuk menjemput bantuan ini," kata Purbaya saat menyambut kedatangan bantuan tersebut.

Yayasan ini secara keseluruhan mengirimkan 15 set ventilator, 140 ribu set APD, 20 ribu alat pelindung wajah dan masker medis sebanyak 300 ribu buah yang dipesan dari beberapa negara, yaitu Kamboja, Filipina dan Taiwan sendiri.

Sebanyak 15 ventilator telah diterima pada Senin (20/4) lalu. Bantuan yang dikirimkan dalam dua gelombang itu merupakan wujud persahabatan dan rasa prihatin atas apa yang terjadi di Indonesia.

Baca juga: Kemlu sampaikan negara-negara yang bantu Indonesia tangani COVID-19

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020