Ria Miranda siapkan "survival kit" untuk hadapi pandemi COVID-19

Ria Miranda siapkan

Ria Miranda (instagram/riamiranda)

Jakarta (ANTARA) - Perancang Ria Miranda sedang menyiapkan produk baru untuk membantu menghadapi pandemi COVID-19 yang menimpa Indonesia.

Produk tersebut berupa survival kit berisi benda-benda yang dibutuhkan dalam menjaga kebersihan demi menekan risiko penyebaran virus.

"Isinya hand sanitizer, spray antibakteri dan handwash juga masker. Lagi digarap untuk (menghadapi) kondisi sekarang," kata Ria dalam konferensi pers virtual, Jakarta, Selasa.

Brand Ria Miranda sebelumnya juga berkontribusi kepada masyarakat dengan membantu membuat Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis.

Baca juga: Inovasi fashion Ria Miranda dengan teknologi kecerdasan buatan

Baca juga: Satu dekade berkarya, Ria Miranda buat pameran "10 Langkah"


Berbekal dari ketersediaan tenaga penjahit dan bahan yang sudah dipilih setelah berkonsultasi dengan dokter, Ria Miranda ingin membantu berjuang melawan virus corona.

Bukan cuma APD, ia juga membuat masker yang diambil dari sisa bahan-bahan koleksi sebelumnya. Selain membantu sesama, ini sejalan juga dengan langkah untuk menjaga lingkungan dengan mengurangi limbah fashion.

"Kami membuat masker dari kain, bagian dalamnya bisa dimasukkan lagi tisu," imbuh Pandu Rosadi, CEO brand RiaMiranda.

Bertepatan dengan Hari Kartini, Ria menyatakan apresiasinya terhadap para tim medis yang jadi pahlawan dalam melawan virus corona.

"Sekarang Kartini itu banyak sekali yang lagi berjuang," kata dia.

Pandemi corona turut berimbas kepada industri mode, ini pun dirasakan oleh label fesyen Ria Miranda.

Menurut Pandu, penjualan pada periode Januari - Maret 2020 sama seperti periode yang sama tahun lalu, tapi ada penurunan 20 persen dari target yang telah disusun.

"Kami masih bersyukur ada selling transaction," ujar Pandu.

Rencana untuk meresmikan dua butik baru di Lombok dan Pangkalpinang akhirnya dilakukan secara virtual melalui Instagram Live.

Acara-acara besar yang harus didatangi secara langsung terpaksa dibatalkan, termasuk peresmian butik baru di Lombok serta Pangkal Pinang di pulau Bangka yang akhirnya dilakukan secara virtual. Koleksi kolaborasi bersama departemen store Galeries Lafayette pun terpaksa dibatalkan.

Sebagai gantinya, semua yang bisa dilakukan lewat media sosial dan internet pun digencarkan. Berjualan lewat Instagram Live Shopping hingga bincang-bincang bersama komunitas lewat konferensi virtual.

"Kami coba untuk bisa tetap ada engagement dengan kustomer lewat virtual," ujar Pandu.

Hampir semua karyawannya bekerja dari rumah, kecuali tim produksi yang bekerja di dalam kondisi seaman mungkin.

"Kami restrukturisasi cashflow dan penyesuaian koleksi untuk semester dua, kita pilih lagi mana yang esensial untuk diluncurkan," ujar Ria.

Meski mengurangi koleksi yang akan diluncurkan pada paruh kedua 2020, saat ini Ria Miranda tetap menyuguhkan koleksi baru bertema "Nagari" untuk busana hari raya.

Baca juga: Kiat padu padan busana Ramadhan Ria Miranda

Baca juga: Ria Miranda dan Cotton Ink hadirkan koleksi kasual untuk Lebaran

Baca juga: Inspirasi busana dan riasan Korea ala Ria Miranda
Pewarta : Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020