Fotografer ANTARA Bali gelar pameran daring "Melihat Pulau Dewata"

Fotografer ANTARA Bali gelar pameran daring

Salah satu karya foto "Melihat Pulau Dewata" oleh Stringer Foto Antara Bali, Nyoman Hendra Adhi Wibowo tahun 2017. (Antara/Ayu Khania Pranisitha)

Denpasar (ANTARA) - Stringer Foto di LKBN Antara Bali bernama Nyoman Hendra Adhi Wibowo menggelar pameran foto secara online yang bertajuk “Melihat Pulau Dewata”, dengan menampilkan 55 foto yang mengandung unsur akulturasi, humoris, humanis, ekspresi, ironis, eksotis dan realitas.

“Tujuan pamerannya untuk menghibur dan melihat kembali peristiwa atau momen kehidupan apa saja yang pernah terjadi di Bali pada tahun 2014-2019, memang di Bali itu terkenal seni budaya dan pariwisata yang menjadi daya tarik dunia namun dibalik semua itu ada sisi lain Bali juga dari segi kehidupan, lingkungan dan bencana misalkan turis meminta sedekah, sampah di Pantai atau sungai, alih fungsi lahan sawah,” kata Nyoman Hendra Adhi Wibowo, saat diwawancara di Kantor Antara Bali, Denpasar, Sabtu.

Baca juga: Belajar fotografi lebih tepat pakai DSLR atau mirrorless?

Baca juga: WhatsApp buat pelatihan fotografi untuk pelaku UMKM

Ia mengatakan melalui pameran foto ini masyarakat dapat melihat perubahan Bali dari tahun 2014-2019, dengan penampilan melalui visual secara humanis, humoris, ironis, eksotis dan realitas atau di Bali sering diistilahkan Rwa Bhineda.

Kata Hendra, meskipun pelaksanaannya secara online, Ia juga mengajak dan ingin memotivasi fotografer atau seniman di Bali untuk tetap berkarya serta menunjukkan kreativitas selama wabah COVID-19.

“Karena pameran fotonya melalui media sosial maka akan berlangsung hingga batas waktu tak ditentukan atau mengikuti perkembangan kondisi COVID-19 sampai mereda agar bisa terus dilihat masyarakat,” katanya.

Pameran tunggal berbasis online ini, bisa diakses seluruh masyarakat melalui sosial media instagram @melihat_pulau_dewata dan bisa dengan mengunjungi websitenya melalui melihatpulaudewata.blogspot.com, serta komunitas LoveIndonesian.com.

“Rencananya pameran ini akan berlanjut, jadi untuk foto mengenai kondisi Bali di tahun 2020 namun kali ini berkelompok bersama semua jurnalis foto di Bali kemungkinan di Tahun 2021 agar peristiwa dan momen momen di tahun 2020 terkumpul lengkap dan nanti bisa diseleksi untuk dipamerkan,” katanya.

Beberapa karya yang dipamerkan merupakan foto yang pernah memperoleh penghargaan antara lain, Juara II Canon Photo Marathon Indonesia 2015, Juara I Lomba Foto Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2017, Juara III Lomba Foto MURI 2017, Juara Harapan I Lomba Foto Kementerian Koperasi dan UMKM 2017, Juara II Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) Kategori Art & Entertainment 2017 dan Juara III Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) Kategori Spot News 2019.

Nyoman Hendra Adi Wibowo, kelahiran 1991 ini memulai karir sebagai jurnalis foto di media lokal Nusa Bali pada 2014 sampai 2016, kemudian melanjutkan karirnya di Denpost pada 2016 hingga 2018. Selanjutnya, sejak tahun 2018 lalu, Hendra memilih menjadi stringer foto di media nasional LKBN Antara hingga saat ini.

Beberapa peristiwa di Bali yang pernah diliputnya, seperti erupsi Gunung Agung, kejadian kapal terbakar di Pelabuhan Benoa, kegiatan olahraga nasional dan peristiwa lainnya.

Baca juga: Leica dan Olympus tawarkan kursus virtual fotografi gratis

Baca juga: Tips foto kamera ponsel untuk hasil terbaik

Baca juga: Dibalik kecanggihan kamera ponsel

Pewarta : Ayu Khania Pranishita
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020