harus dilakukan segera untuk mencegah penyebaran
Jakarta (ANTARA) - Anggota DPR RI Haji Lulung Abraham Lunggana meminta penghuni asrama Sekolah Tinggi Teologi Bethel Indonesia Petamburan untuk dievakuasi terkait dengan dugaan kasus positif COVID-19 penghuni asrama.

"Saya minta pihak berwenang beri perhatian khusus. Sekarang tindak tegas, kan kemarin sudah social distancing selama tiga hari, sekarang tindakan untuk segera diisolasi hingga dievakuasi ke rumah sakit rujukan dan lakukan pemeriksaan," kata Lulung di dekat lokasi Wisma Bethel Indonesia Petamburan Jakarta, Jumat.

Menurut Lulung, pemerintah harus belajar dari kejadian penyebaran COVID-19 pada jamaah Masjid Kebon Jeruk dan janganlah ditunda-tunda hingga terjadi lagi penyebaran di satu lokasi.

Baca juga: Bamus Betawi imbau warga di rumah saja cegah penyebaran COVID-19

Baca juga: Legislator DKI minta penghuni Wisma Bethel dikarantina

Baca juga: Pasien COVID-19 klaster Bethel Petamburan dirujuk ke RSD Wisma Atlet


"Gak boleh ada cerita, ingat Masjid Kebon Jeruk ditutup, rupanya kena juga semuanya 73 orang. Makannya kasihan mereka ini. Pengelola Yayasan juga mohon kerjasamanya lebih baik dikeluarkan dulu dan dijaga pihak berwajib," ujar Lulung.

Lebih lanjut, Lulung mengatakan dia yang juga merupakan warga di sekitar Wisma Bethel itu, belum mengetahui asal mula penyebaran COVID-19 tersebut.

"Kami juga baru tahu ada kasus. Untuk penyebabnya kami akan cari tahu bersama dengan lurah. Tadinya di Kelurahan ini ada dua kasus di RW 05 masyarakat kampung, tahu-tahu jadi tertinggi, ternyata di wisma itu banyak," kata Lulung.

Lulung menambahkan masyarakat harus membantu dengan usahanya sendiri dalam menjaga kesehatannya dan pola hidup bersih dan lainnya.

"Ini bukan lagi urusan negara dan pemerintah, ini urusan rakyat semesta dan kita harus bahu membahu gotong royong membangun kesadaran di masing-masing rumah, ajak orang lain sadar, jaga kesehatan diri sendiri dengan mengikuti protap kesehatan pemerintah," ucap dia.

Diketahui saat ini, wilayah Petamburan, Jakarta Pusat ditetapkan sebagai zona merah COVID-19 dengan jumlah 180 kasus dugaan positif.

Adapun 34 pasien dugaan positif COVID-19 dari Wisma Bethel Petamburan, dikabarkan dievakuasi ke Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 di Wisma Atlet Kemayoran Jakarta.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020