Kini bendera merah berlaku untuk Mei dan Juni, artinya Berlin E-Prix tak bisa digelar sesuai rencana pada 21 Juni
Jakarta (ANTARA) - Penangguhan balap mobil listrik Formula E musim 2019/20 semakin panjang menyusul kepastian ditundanya Seri Berlin, yang sedianya dilangsungkan 21 Juni mendatang, karena pandemi virus corona.

Operator Formula E sempat menyatakan balapan musim ini terkena 'bendera merah' sepanjang April dan akan menurun menjadi 'bendera kuning' memasuki Mei sebelum akan mungkin digelar kembali pada Juni.

Baca juga: Formula E gandeng UNICEF lindungi anak dari dampak COVID-19

Baca juga: Kini giliran Formula E luncurkan seri balapan virtual


"Kini bendera merah berlaku untuk Mei dan Juni, artinya Berlin E-Prix tak bisa digelar sesuai rencana pada 21 Juni," demikian pernyataan resmi operator Formula E dilansir Reuters, Jumat WIB

"Juli sekarang berstatus bendera kuning, dengan kesempatan untuk menggelar atau menjadwal ulang balapan tetap terbuka apabila pandemi membaik," tulis pernyataan yang sama.

Sebelumnya, Pemimpin Eksekutif Formula E Jamie Reigle menyatakan banyak opsi yang tengah dipertimbangkan, termasuk menggelar balapan tanpa penonton di sirkuit konvensional.

Formula E musim 2019/20 seharusnya rampung digelar di London sebagai seri pemungkas pada 25-26 Juli, tetapi salah satu arena yang menjadi lintasan balap pusat pameran ExCeL kini beralih fungsi menjadi rumah sakit darurat untuk merawat pasien COVID-19.

Baca juga: Formula E tunda pengenalan mobil balap baru hingga 2021/2022
Baca juga: Formula E Jakarta ditunda, bagaimana nasib BMW i3?


Musim ini baru lima dari 14 seri yang digelar, terakhir di Marrakesh, Maroko, pada 29 Februari, sebelum kemudian corona memastikan seri Sanya, China yang seharusnya dilangsungkan 21 Maret ditunda tanpa batas waktu.

Menyusul seri lain yang tertunda tanpa batas waktu adalah Roma, Italia (4 April), Paris, Prancis (18 April), Seoul, Korea Selatan (3 Mei) dan Jakarta, Indonesia (6 Juni).

Musim 2020/21 baru akan mulai berlangsung pada Desember, artinya masih ada waktu cukup panjang jika corona mereda dan musim ini memungkinkan dilanjutkan.

Baca juga: Ajang Formula E resmi ditunda sementara

Baca juga: Resmi ditunda, panpel upayakan jadwal ulang Formula E di Jakarta

Baca juga: Jakpro dan FEO sepakat Formula E ditunda antisipasi COVID-19

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2020