Hasil pemeriksaan klinis tidak ada gejala dan hasil serial foto thoraks menunjukkan tidak didapatkan gambaran pneumonia
Samarinda (ANTARA) - Sebanyak dua orang positif COVID-19 di Provinsi Kalimantan Timur dinyatakan sembuh sehingga total pasien sembuh dari virus corona jenis baru di wilayah tersebut menjadi 10 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan  COVID-19 Kaltim Andi Muhammad Ishak di Samarinda, Kamis, memaparkan tambahan dua pasien sembuh itu, yakni di Kutai Timur satu kasus, KTM 4, laki-laki berusia 54 tahun,  kasus yang dirawat sejak 31 Maret 2020 di RSUD A.W. Syahranie Samarinda, dan tidak terhubung dengan klaster mana pun.

Selain itu, di  Kutai Kartanegara satu kasus, KKR 2, perempuan berusia 37 tahun,  kasus yang dirawat sejak 27 Maret 2020 di RSUD A.M. Parikesit, Tenggarong, bagian dari klaster Sinode.

Kedua pasien itu, katanya, dinyatakan sembuh berdasarkan pemeriksaan laboratorium dua kali berturut-turut dengan hasil negatif, sedangkan hasil pemeriksaan klinis oleh dokter penanggung jawab pelayanan yang merawat kasus konfirmasi COVID-19 tersebut YANG menyatakan bahwa secara klinis mereka memiliki kondisi yang sudah sangat baik.

“Hasil pemeriksaan klinis tidak ada gejala dan hasil serial foto thoraks menunjukkan tidak didapatkan gambaran pneumonia,” kata.

Baca juga: Tiga pasien COVID-19 Mataram dinyatakan sembuh

Selain data pasien sembuh, Andi juga memberitahukan tentang kabar positif penambahan hasil terkonfirmasi negatif yang berjumlah empat kasus.

"Empat kasus negatif tersebut, wilayah Paser dua kasus, Penajam Paser Utara satu kasus, dan Balikpapan satu kasus,” kata dia.

Kondisi terakhir dari perkembangan kasus COVID-19 di Kalimantan Timur hingga Kamis, jumlah ODP (Orang Dalam Pemantauan) 5.802 orang, yakni 4.555 orang selesai masa pemantauan dan 1.247 orang dalam proses pemantauan, sedangkan jumlah PDP (Pasien Dalam Pengawasan) 299 orang, terdiri atas 152 orang terkonfirmasi negatif, 44 orang terkonfirmasi positif, dan 103 orang menunggu hasil laboratorium.

Selain itu, 10 orang positif COVID-19 sudah dinyatakan sembuh dan satu orang meninggal dunia.

Baca juga: Empat pasien positif COVID-19 di Sultra dinyatakan sembuh
Baca juga: 18 WNI sembuh dari COVID-19 di Singapura
Baca juga: Pasien sembuh COVID-19 menjadi 548 orang dan positif 5.516 kasus


Pewarta: Arumanto
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2020