Dibandingkan sehari sebelumnya, jumlahnya menurun. Hanya, jumlah PDP bertambah
Purwakarta (ANTARA) - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, menyatakan jumlah kasus positif dan orang dalam pemantauan (ODP) di daerah tersebut menurun.

"Dibandingkan sehari sebelumnya, jumlahnya menurun. Hanya, jumlah PDP (pasien dalam pengawasan) bertambah," kata Perwakilan Gugus Tugas COVID-19 Purwakarta, Deni Darmawan, dalam pernyataan tertulisnya yang diterima di Purwakarta, Rabu.

Baca juga: Balita yang positif COVID-19 di Purwakarta dinyatakan sembuh

Ia mengatakan hingga Rabu siang tercatat jumlah ODP mencapai 162 orang, PDP 25 orang dan yang positif empat orang.

Sedangkan sehari sebelumnya, kasus positif COVID-19 di Purwakarta berjumlah lima orang dan ODP sebanyak 170 orang.

Baca juga: Bupati Purwakarta ingatkan pusat belanja laksanakan protokol kesehatan

Untuk jumlah kasus positif dan ODP itu menurun. Tapi pada kasus PDP jumlahnya bertambah, dari sebelumnya 21 orang berstatus PDP dan pada Rabu ini tercatat 25 orang.

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Purwakarta meminta masyarakat  terus meningkatkan kewaspadaan dan terus mengikuti anjuran-anjuran pemerintah berkaitan dengan pencegahan penyebaran COVID-19.

Baca juga: Sepuluh PDP COVID-19 di Purwakarta dinyatakan sembuh

"Kami juga mengimbau masyarakat tetap melaksanakan physical dan social distancing, agar tetap aman terhindar penularan COVID-19," kata Deni.

Dikatakannya, sejumlah langkah antisipasi terus dilakukan jajaran Pemkab Purwakarta melalui Gugus Tugas COVID-19. Di antaranya, Dinas Kesehatan tetap melakukan tes cepat dan tracing (pelacakan) bagi yang kontak erat dengan PDP.

Selain itu, pada sisi pencegahan yang bersifat kewilayahan, dilakukan penertiban di sejumlah ruas jalan wilayah perkotaan Purwakarta.

Baca juga: Tes cepat pada 73 warga dan tenaga medis Purwakarta semuanya negatif

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020