Pemeriksaan metode drive thru ini ditujukan bagi orang dengan kategori B yakni mereka yang memiliki profesi dengan interaksi sosial tinggi seperti anggota Babinsa TNI, Babinkamtibmas Polri, serta petugas kesehatan.
Jakarta (ANTARA) - Pertamedika IHC sedang membangun aplikasi untuk memberikan pelayanan drive thru clinic atau walk in service terkait pemeriksaan Swab COVID-19 kepada masyarakat.

"Menyikapi sekaligus memfasilitasi tingginya kebutuhan masyarakat akan tes/screening, Pertamedika IHC sedang membangun aplikasi untuk segera dapat memberikan pelayanan Drive thru Clinic atau Walk in Services Pemeriksaan Swab COVID 19," ujar Direktur Utama Pertamedika IHC-Holding dari RS BUMN, Dr.dr Fathema Djan Rahmat dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Dia berharap aplikasi untuk pelayanan pemeriksaan Swab Covid-19 melalui drive thru clinic atau walk in services tersebut bisa diluncurkan dalam waktu dekat.

"Doakan kami bisa memberi pelayanan perawatan dan screening secara optimal kepada Bangsa Indonesia, dan Drive thru Clinic atau Walk in Services Pemeriksaan Swab COVID 19. akan dapat kami launching dalam waktu dekat,” kata Fathema.

Baca juga: Pertamedika IHC memulai inovasi untuk sistem pelacakan cepat COVID-19

Sebelumnya metode pemeriksaan COVID-19 secara 'Drive Thru' dilakukan Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, di area Stadion Wibawa Mukti, Kelurahan Sertajaya, Kecamatan Cikarang Timur.

Pemeriksaan metode drive thru ini ditujukan bagi orang dengan kategori B yakni mereka yang memiliki profesi dengan interaksi sosial tinggi seperti anggota Babinsa TNI, Babinkamtibmas Polri, serta petugas kesehatan.

Pelaksanaan tes cepat ini dilakukan dengan cara mengambil sampel darah peserta yang datang menggunakan kendaraan menuju area drive thru yang telah disiapkan petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi.

Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi Penanganan COVID-19 Kabupaten Bekasi Alamsyah mengatakan bahwa mereka yang menjalani pemeriksaan tersebut tidak perlu antre dan berdesakan.

Baca juga: Menilik kesiapan rumah sakit BUMN hadapi pandemi Covid-19

Setelah menuju area pemeriksaan dan diambil sampel darahnya kemudian diuji oleh petugas menggunakan alat test pack khusus.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020