Pekerjaan pemeliharaan yang telah memasuki siklus kelima ini akan berlangsung selama 14 hari ke depan sejak hari ini hingga Selasa (21/04).
Bekasi (ANTARA) - PT Jasa Marga (Persero) Tbk kembali memulai pekerjaan pemeliharaan berupa rekonstruksi 'rigid pavement' Simpang Susun (SS) Cikunir pada Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

"Pekerjaan pemeliharaan yang telah memasuki siklus kelima ini akan berlangsung selama 14 hari ke depan sejak hari ini hingga Selasa (21/04)," kata Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru di Bekasi, Rabu petang.

Dwimawan mengatakan waktu pekerjaan pemeliharaan tersebut setiap hari berlangsung mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 24.00 WIB.

Baca juga: Lalu lintas tol turun, Menteri PUPR ingin ada relaksasi kewajiban BUJT

Sementara itu lokasi pekerjaan pemeliharaan jalan terletak di Ramp 5 Simpang Susun Cikunir Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek atau tepatnya di lajur 2 KM 10+450 hingga Km 10+600 Jalur Kanalisasi Ramp SS Cikunir arah Jatiasih dan Rorotan menuju Cikampek dengan bentang pekerjaan sepanjang 140 meter.

Selama pekerjaan pemeliharaan berlangsung, PT Jasamarga Jalan Layang Cikampek (JJC) sebagai penanggung jawab pekerjaan siklus lima akan menutup satu lajur di sisi kanan.

"Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kepadatan yang berpotensi terjadi. PT JJC bekerja sama dengan kepolisian telah menyiapkan rekayasa lalu lintas," ungkapnya.

Rekayasa lalu lintas itu di antaranya sistem buka tutup lajur 1 dan 2 pada Jalur Kanalisasi Ramp Cikunir arah Jatiasih dan Rorotan di lokasi pekerjaan dan memanfaatkan dua sodetan dari Jalur Kanalisasi menuju jalur utama.

"Jika kepadatan masih berlanjut, akan dilaksanakan contra flow secara situasional dengan titik awal KM 08+000 sampai KM 11+000 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek," kata dia.

Pihaknya juga telah melakukan sosialisasi rencana pekerjaan dengan memasang media luar ruang berupa spanduk imbauan pekerjaan dan 'Variable Message Sign' di Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek baik arah Cikampek maupun arah Jakarta.

Baca juga: Waskita terima pembayaran proyek Tol Jakarta-Cikampek II Rp6,2 triliun

Jasa Marga memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat pekerjaan rekonstruksi tersebut karena berdampak pada penyempitan lajur di sekitar lokasi pekerjaan.

Selama pekerjaan berlangsung Jasa Marga mengimbau pengguna jalan agar tetap berhati-hati, memperhatikan rambu-rambu dan arahan petugas, mengatur waktu perjalanan, serta mengenakan masker jika harus beraktivitas di luar rumah.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020