Satgas Bencana BUMN Jambi serahkan bantuan untuk penanganan COVID-19

Satgas Bencana BUMN Jambi serahkan bantuan untuk penanganan COVID-19

Koordinator Satuan Tugas Tanggap Bencana BUMN Provinsi Jambi M Zaidan dan Ketua Forum Sinergi BUMN Jambi H Bakhtiar menyerahkan bantuan untuk penanganan COVID-19 di Posko Gugus Tugas COVID-19 Provinsi Jambi tepatnya di Kantor BPBD Provinsi Telanaipura Kota Jambi, Selasa. (ANTARA/Dodi Saputra)

Jambi (ANTARA) - Koordinator Satuan Tugas Tanggap Bencana BUMN wilayah Jambi dan Forum Sinergi BUMN Jambi menyerahkan bantuan untuk penanganan COVID-19 di Posko Gugus Tugas COVID-19 Provinsi Jambi tepatnya di Kantor BPBD Provinsi Telanaipura Kota Jambi, Selasa.

Bantuan senilai Rp94,7 juta tersebut diserahkan oleh Koordinator Satgas Tanggap Bencana BUMN Jambi M Zaidan dan Ketua Forum Sinergi BUMN Jambi H Baktiar kepada Gubernur Jambi Fachrori Umar selaku Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Jamb dan Sekda Provinsi Jambi H Sudirman.

Turut hadir dalam pemberian bantuan itu sejumlah anggota dan perwakilan Forum Sinergi BUMN Jambi tersebut Kepala Cabang Jasa Raharja Jambi Kepala Cabang Pos Indonesia, Pimpinan Sucofindo, Perwakilan PTPN 6 dan Kepala Biro ANTARA (Jambi) sebagai bentuk sinergi BUMN yang kompak untuk penanganan Pandemi COVID-19.

Bantuan yang diserahkan tersebut adalah masker sebanyak baju alat pelindung diri (APD) 100 buah, masker 500 lembar, baju coverall disposible 100 unit, nurse cap 10 boks atau 1.000 buah, sarung tangan lateks 200 pasang, 3 unit thermometer gun, cover shoes 250 pasang dan hand gloves disposible 100 pasang.

"Barang yang kita serahkan hari ini yang memang dibutuhkan untuk penanganan COVID-19, dan atas koordinasi terkait kebutuhan di rumah sakit di Jambi ini. Pendistribusiannya kami serahkan kepada Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Jambi," kata Zaidan yang juga GM PT Telkom wilayah Jambi itu.

Selain itu, pihaknya juga memberikan bantuan hand sanitizer untuk kebutuhan tim medis,

" Kita semua, Forum BUMN di Jambi berharap masyarakat Jambi terbebas dari COVID-19 dan alat yang disumbangkan bisa menanggulangi COVID-19 di Provinsi Jambi," kata Zaidan.

Sementara itu Gubernur Jambi Fachrori Umar mengapresiasi bantuan dari Satgas Tanggap Bencana BUMN wilayah Jambi itu.Menurut dia bantuan itu akan segera didistribusikan secara efektif untuk para tenaga medis dan petugas garda terdepan dapan penanggulangan COVID-19 di Provinsi Jambi.

Gubernur menyebutkan, penanggulangan COVID-19 bukan hanya tanggung jawab pemerintah, namun juga membutuhkan peranserta elemen masyarakat untuk kompak, bahu membahu melakukan upaya bersama dalam melakukan langkah-langkah pencegahan dan penanganan secara baik dan benar sesuai dengan protokol penanganan COVID-19.

Pada kesempatan itu, gubernur juga mengajak keluarga besar BUMN untuk membantu kampanye dan sosialisasi pencegahan COVID-19 melalui sosialisasi budaya hidup bersih dan sehat, memakai masker saat di luar rumah, rajin mencuci tangan serta mematuhi protokol kesehatan terkait COVID-19 yakni menjaga jarak atau social dan phsycal distancing.

"Saya minta masyarakat Jambi untuk mengenakan masker saat di luar rumah, rajin mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan massa dan laksanakan jaga jarak, atau phsycal distancing," kata Fachrori.

Sementara itu Ketua Forum Sinergi BUMN Provinsi Jambi Bakhtiar menyebutkan, kegiatan penyerahan bantuan tersebut sebagai tanggung jawab BUMN untuk membantu pemerintah daerah dalam menangani COVID-19 yang merupakan masalah bersama, tak hanya di Provinsi Jambi namun juga diseluruh dunia.

"Masalah kesehatan yang tengah kita hadapi adalah masalah bersama. Kami mendukung upaya-upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah dan bantuan ini diharapkan bisa bermanfaat untuk membantu tenaga medis dan petugas di garda terdepan penanganan COVID-19. Tetap sehat dan tetap jaga jarak untuk mencegah penularan COVID-19," katanya.

Baca juga: Gugus tugas COVID-19 serahkan 7.000 APD ke dokter gigi - spesialisTHT
Baca juga: Gabungan BUMN di Kalbar serahkan bantuan APD penanganan COVID-19
Baca juga: Kapolda Papua salurkan bantuan di posko pandemi corona
Pewarta : Syarif Abdullah dan Dodi Saputra
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020