Makassar (ANTARA) - Tim Dokter Rumah Sakit Umum Pusat Wahidin Sudirohusodo (RSWS) Makassar memastikan almarhum Aptripel Tumimomor, Bupati Marowali Utara, Sulawesi Tengah, berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) Coronavirus Disease (COVID-19) saat dirawat di rumah sakit setempat.

"Statusnya tetap PDP. Dia masuk kemarin, sempat masuk ICU dan dipasangi ventilator kemudian kita berikan alat bantu pernapasan," ujar Ketua Tim Pandemi RSWS Dr Irawaty Djaharuddin, saat konferensi pers di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat.

Baca juga: Bupati Morowali Utara Aptripel Tumimomor meninggal dunia

Riwayat perjalanan pasien telah berstatus PDP, dari Morowali dirujuk ke Rumah Sakit Siloam, dan selanjutnya dirujuk ke Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo.

"Baru sehari perawatan di Wahidin, kita pasang alat bantu pernapasan, setelah itu kami melakukan pemeriksaan swab. Saat ini masih menunggu hasil, karena baru hari ini diuji," ungkap dia.

Pasien tersebut dinyatakan meninggal dunia pada Kamis (2/4/2020) malam, selanjutnya dimakamkan di pekuburan khusus COVID di TPU Mancanda Kabupaten Gowa, Sulsel.

Mengenai dengan pengurusan jenazah pasien, kata dia, tim dari Gugus Tugas Pemprov Sulsel yang mengurusnya. Pihak. rumah sakit hanya melaporkan ke gugus tugas untuk ditindaklanjuti.

Baca juga: Pasien PDP COVID-19 dari Bandung meninggal dunia di Lamongan

"Untuk urusan jenazah (PDP). Semua diserahkan ke tim gugus tugas, mereka mengurus segala sesuatunya mulai pemulasan, pengantaran dan pekuburannya. Kami tinggal telepon di call center, mereka lalu mengurusnya," kata dia menambahkan.

Sebelumnya, Bupati Morowali Utara, Aptripel Tumimomor masuk ke RSWS pada Kamis 2 April 2020 pukul 07.30 WITA dan langsung dirawat di ruang isolasi infeksi center. Selanjutnya, pada pukul 23.30 WITA yang bersangkutan dinyatakan meninggal dunia oleh dokter paru.

Aptripel Tumimomor meninggal di usia 54 tahun, beragama Kristen Protestan, dengan alamat jalan Yos Sudarso nomor 1, Kabupaten Morowali Utara. Pada 3 April 2020, sekitar pukul 05.23 jenazah bersama pihak keluarga meninggalkan rumah sakit.

Selanjutnya, menuju pemakaman menggunakan ambulans dengan pengawalan aparat menuju TPU milik Pemprov Sulsel jalan Poros Macanda, Kelurahan Romang Polong, Kecamatan Sombaopu Kabupaten Gowa, Sulsel.

Baca juga: Pemda DIY siapkan lahan pemakaman khusus pasien COVID-19
Baca juga: BPOM produksi antiseptik dari bahan minuman keras
Baca juga: RS Darurat Wisma Atlet dapat tambahan 250 relawan perawat

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020