Jumlah 16 positif sampai hari ini berasal dari hasil pemeriksaan di dua sumber
Makassar (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan dr Ichsan Mustari mencatat hingga Rabu malam ada 66 orang di daerah itu yang positif terjangkit virus corona baru atau COVID-19. 

Ichsan Mustari melalui konferensi video di Makassar, Rabu, mengatakan ada peningkatan sebanyak 16 orang dari data terakhir yang dipublikasikan.

Baca juga: Pasien sembuh terkait COVID-19 di Sulsel terus bertambah

"Jumlah 16 positif sampai hari ini berasal dari hasil pemeriksaan di dua sumber yakni laboratorium Balai Kesehatan Kemenkes (15 pasien) dan laboratorium Unhas sebanyak satu pasien," ujarnya.

Ia menjelaskan khusus 16 pasien COVID-19 yang baru diumumkan itu berasal dari berbagai daerah di Sulsel seperti Makassar ( 7 pasien), Maros (3) Kabupaten Gowa, Sidenreng Rappang, Takalar, Pangkep dan Soppeng masing-masing satu pasien.

Sementara untuk data orang dalam pemantauan (ODP), kini mengalami lonjakan dari data sebelumnya yakni 691 orang, kini menjadi 1.072 pasien atau meningkat 381 pasien.

Baca juga: Gubernur ajak masyarakat doakan korban COVID-19

Begitupun dengam pasien dalam pengawasan (PDP) di daerah itu juga mengalami kenaikan sebanyak 4 orang dari sebelumnya 106 pasien menjadi 110 pasien hingga Rabu malam.

Terkait kenaikan signifikan dari jumlah ODP, kata dia, menandakan jika tim Gugus Tugas COVID-19 Sulsel telah melakukan gerak cepat memantau atau melacak orang yang pernah bersentuhan dengan pasien positif ataupun orang yang pulang dari daerah terjangkit.

"Angka ini bisa bertambah. Termasuk PDP ini angkanya dinamis. Kita tahu dalam sehari saja proses pemeriksaan, ada 120 pemeriksaan dan mendapatkan hasil 16 yang positif," ujarnya.

Baca juga: 5 orang dinyatakan sembuh dari COVID-19 di Sulsel

 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020