PMI kerahkan seribu relawan di Jabodetabek

PMI kerahkan seribu relawan di Jabodetabek

Petugas Palang Merah Indonesia Cabang Kota Jakarta Barat menyemprot disinfektan dengan truk berkapasitas 2.400 liter di jalanan utama Jakarta Barat, Senin (30/3/2020) (ANTARA/HO-PMI Kota Jakarta Barat)

Jakarta (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) menyiagakan seribu relawan untuk penyemprotan cairan disinfektan dan pembersihan pemukiman penduduk sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona (COVID-19) di wilayah Jabodetabek.

"Dalam kaitan dengan COVID-19 ini kami menyiapkan 2.000 relawan se-Indonesia. Kami mengerahkan 1.000 relawan yang terkonsentrasi di Jabodetabek," kata Ketua Bidang Relawan PMI Sasongko Tedjo di Jakarta, Selasa.

PMI telah melatih 250 relawan terkait penggunaan logistik dan peralatan untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 di masyarakat.

"Kemarin pelatihan sudah sampai kepada 250 relawan. Mereka nantinya akan melatih teman-teman lainnya." ujar Sasongko.

Selain pengerahan seribu relawan, PMI juga menyiapkan kendaraan untuk menyemprotkan cairan disinfektan berupa 200 unit truk tangki, 100 unit minibus dan juga sepeda motor. Separuh peralatan itu juga dikonsentrasikan di wilayah Jabodetabek.

Baca juga: PMI Jakarta Barat kerahkan truk kapasitas 2.400 liter untuk disinfeksi

"50 persen logistik dan peralatan ada di sini (Jabodetabek), barulah 50 persen sisanya akan dikirim ke Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali dan beberapa daerah di luar Pulau Jawa," katanya.

Sebagai upaya preventif untuk menekan angka penyebaran COVID-19, PMI akan membagikan empat juta kit yang berisi masker, cairan pembersih tangan dan sabun kepada keluarga kurang mampu.

Pembagian empat juta kit itu merupakan upaya PMI dalam menjaga kesehatan masyarakat di Indonesia.
Baca juga: PMI siapkan armada khusus penyemprot disinfektan antisipasi COVID-19
Pewarta : Sugiharto Purnama
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020